androidvodic.com

Sejumlah Rumah di Sukabumi Tertimbun Longsor, Warga Khawatir Ada Longsor Susulan - News

News - Sejumlah rumah tertimbun tanah longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01 RW 11 Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Bencana tanah longsor tersebut terjadi pagi tadi, Rabu (24/1/2024) sekira pukul 06.30 WIB.

Abeng Baenuri selaku Kades Sekarwangi mengonfirmasi hal tersebut.

Ia menceritakan, awalnya warga melihat kejadian mencurigakan di tebing yang berada di atas permukiman, hingga terdengar suara kretekan mencurigakan.

"Saya pun ke lokasi dan ternyata betul udah ada beberapa rumpun bambu yang sudah agak miring, agak condong dan bunyi kretek-kretek, mungkin itu dari bambu yang patah," ujar Abeng kepada wartawan di lokasi.

Longsor pun terjadi hingga menimbun 10 rumah yang ada di bawah tebing.

Beruntung, warga tidak ada yang menjadi korban.

"Setelah saya melihat akan ada potensi longsor, maka mengintruksikan warga di bawah, karena ada lebih 10 rumah terancam longsor, maka diintruksikan untuk keluar rumah, untuk mengungsi, alhamdulillah semua keluar rumah," kata Abeng.

"Sehingga begitu kejadian tepat jam 06.30 terjadi longsor, longsor memang tidak sekaligus karena terhalang rumpun bambu."

"Sampai saat ini longsor masih terus terjadi, rumah warga yang sudah tertimbun ada 10 rumah dan di bawah yang satu arah dengan longsoran ini ada 4 rumah yang terancam, yang masih berdiri," jelasnya.

Abeng mengatakan, longsor susulan dikhawatirkan terjadi, karena pergerakan tanah longsor masih terus terjadi sampai saat ini.

Baca juga: Hujan Lokal di Probilinggo Hanya Guyur Area Seluas 3 Meter, BPBD: Berpotensi Puting Beliung

"Saya khawatir ini akan terjadi longsor susulan karena tanah terus bergerak, sebagian (warga) dievakuasi ke rumah warga dan ke rumah saudaranya, karena kami khawatir ada korban jiwa, alhamdulillah tidak ada korban jiwa."

"Alhamdulillah saat ini dari BPBD, dari semua intansi juga hadir, tapi kami belum bisa mengevakuasi secara maksimal karena tanah masih terus bergerak," ucap Abeng.

"Makanya kita diamkan saja sampai sejauh mana pergerakan tanah longsor ini betul-betul diam," katanya.

Sebelum menimbun rumah, warga nampak berjibaku menyelamatkan diri dan barang-barang yang bisa diselamatkan dari bencana longsor itu.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BREAKING NEWS 10 Rumah di Sukabumi Tertimbun Longsoran Tebing, Longsor Masih Terjadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat