androidvodic.com

Kebakaran di Kawasan Tahura Batanghari Jambi Berawal dari Meledaknya Sumur Minyak, Seorang Tewas - News

News, JAMBI - Kawasan Hutan Taman Raya (Tahura) Sulthan Thaha Saifuddin di Desa Jebak, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, terbakar, Jumat (9/2/2024) sekitar pukul 19.00 WIB.

Seorang warga bernama Dedi dilaporkan meninggal dunia akibat kebakaran ini.

"Korban meninggal dunia hanya satu orang jenis kelamin laki-laki bernama Dedi, sementara yang luka-luka tidak ada," kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto melalui Plh Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Jambi Kompol Muhammad Amin Nasution, Sabtu (10/2/2024).

Ditreskrimsus Polda Jambi turun ke lokasi sumur minyak ilegal yang meledak di kawasan Tahura Sulthan Thaha Saifuddin di Desa Jebak, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari.

Baca juga: Tungku PT SMI di Morowali Kebakaran, Dua Operator Sesak Nafas

Kompol Muhammad Amin Nasution mengatakan kebakaran bermula dari sumur minyak ilegal yang meledak.

Sehingga menyambar beberapa sumur minyak ilegal lainnya hingga berujung kebakaran di kawasan Tahura.

Dia menjelaskan, kronologis kejadian berawal saat pekerja melakukan pengeboran sumur baru.

Tiba-tiba semur tersebut mengeluarkan gas dan mengakibatkan ledakan.

"Kronologinya, jadi ada satu sumur yang sedang dibor keluar gas dan tidak jauh dari lokasi sumur tersebut sekira 100 meter ada orang yang lagi ngelas," jelasnya.

Akibat ledakan tersebut api menyebar ke enam sumur minyak ilegal lainnya, sehingga terjadi kobaran api yang sangat besar yang mengejutkan warga.

"Sehingga menyebabkan percikan api dan membakar 6 sumur dan bak seler," ungkapnya.

Sebelumnya, Plh Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Jambi Kompol Muhammad Amin Nasution didampingi Paur Penmas Ipda Alamsyah Amir mengatakan, tim khusus dari Polda Jambi sedang dalam perjalanan ke lokasi untuk melakukan penyelidikan terhadap sumur minyak ilegal yang meledak itu.

Baca juga: Detik-detik Evakuasi 3 Karyawan Toko Bangunan yang Terjebak Kebakaran, Relawan Bongkar Tembok Toko

"Tim khusus Ditreskrimsus Polda Jambi melakukan pendampingan untuk melakukan penyelidikan," katanya, Sabtu (10/2/2024).

Lokasi sumur minyak ilegal yang meledak ini, berada di kawasan Taman Hutan Raya Sulthan Thaha Saifuddin di Kabupaten Batanghari.

"Iya, lokasi sumur minyak ilegal itu ada di kawasan Taman Hutan Raya. Untuk api sendiri masih menyala," ujarnya.

Atas kejadian tersebut telah ditemukan satu orang korban dalam kondisi meninggal dunia di dalam mobil pada saat akan dievakuasi ke Puskesmas.

"Iya, ada satu korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Untuk informasi lebih nanti akan diinformasikan kembali," katanya. (Tribunjambi.com/Rifani Halim)

Artikel ini telah tayang di TribunJambi.com dengan judul Penyebab Kebakaran Tahura Batanghari Jambi, Bermula saat Pengeboran Sumur Minyak Ilegal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat