androidvodic.com

Ketua KPPS di Wonokromo Surabaya Meninggal Dunia Usai Dirawat 3 Hari, Camat: Punya Sakit Bawaan - News

News, SURABAYA- Sempat dirawat, Joko Budiono ketua KPPS di TPS 42, RW 05, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, meninggal dunia.

Joko Budiono sebelumnya dirawat di RSUD dr Soetomo Surabaya

Camat Wonokromo Pemkot Surabaya Maria Agustin Yuristina menceritakan, selain menjabat sebagai ketua TPS tersebut, Joko Budiono juga menjabat sebagai Ketua RT di permukiman tempat tinggalnya. 

Baca juga: Tips Kembalikan Kebugaran Petugas KPPS Setelah Bertugas di Pemilu 2024

Pada Rabu (14/2/2024) siang, Joko Budiono sempat mengeluh tak enak badan atau sakit di tengah menjaga dan mengawasi jalannya pemungutan suara. 

Kemudian oleh anggota keluarganya, Joko Budiono dibawa ke RSUD dr Soetomo Surabaya

"Hanya ikut tugas di TPS setengah hari saat hari Rabu. Terus pulang dan langsung oleh keluarga diantar ke RSUD dr Soetomo karena beliau sudah ada riwayat periksa untuk sakitnya di RS tersebut," ujarnya saat dihubungi TribunJatim.com, Jumat (16/2/2024). 

Ternyata, lanjut Maria, Joko Budiono menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 08.15 WIB, pada Jumat (16/2/2024), atau setelah tiga hari menjalani perawatan medis di RSUD dr Soetomo Surabaya

Menurut Maria, Joko Budiono sebelumnya sedang memiliki penyakit bawaan yang mempengaruhi kondisi kesehatannya selama menjaga dan bertugas di TPS 42.

Bahkan, jauh sebelum adanya pelaksanaan Pemilu 2024, Joko Budiono telah menjalani serangkaian perawatan medis karena penyakitnya itu. 

"Yang pasti beliau ada sakit bawaan, awal Februari sudah mulai pengobatan dan sebelum Pemilu beliau sudah melakukan pemeriksaan kesehatan intensif di RS dr Soetomo untuk sakit benjolan dileher yang dikeluhkan," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua PPK Wonokromo Achamd Muzakky mengatakan, Joko Budiono sempat ambruk dan pingsan di tengah memantau pelaksanaan pemungutan suara di TPS 42 pada Rabu (14/2/2024). 

Baca juga: 56 Anggota KPPS di Blitar Jatuh Sakit: Dinkes Ungkap Penyebab Utamanya

Bahkan saat dijenguk oleh pengurus PPK Kecamatan Wonokromo, pada malam harinya, Joko Budiono belum juga sadar dari pingsannya. 

Rencananya, pada Jumat siang, jenazah Joko Budiono akan dimakamkan di TPU Keputih Surabaya

"Kronologi saat mau penghitungan suara jam 3 beliau pingsan di tempat. Sampai malam saya info ke Pak RW juga masih belum sadar sampai pingsan. Langsung ke RSU dr Soetomo, masuk ke IRD," ujarnya pada awak media di lokasi.

Penulis: Luhur Pambudi

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul BREAKING NEWS: Ambruk saat Hendak Hitung Suara, Ketua KPPS di Wonokromo Surabaya Meninggal Dunia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat