androidvodic.com

2 Mahasiswa UNPAD Tewas Tersambar Petir saat Berkemah, Pengelola Wisata Mengaku Sudah Beri Imbauan - News

News - Humas Perhutani Bandung Utara, Endan Cahyadi, mengungkapkan kronologi dua mahasiswa Universitas Padjajaran (UNPAD) tewas tersambar petir saat berkemah di Batu Kuda, Gunung Manglayang yang berada di antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (23/2/2022) malam.

Kedua korban sempat dievakuasi ke Rumah Sakit AMC Cileunyi, Kabupaten Bandung, namun nyawa mereka tak dapat tertolong.

Endan Cahyadi mengatakan kawasan wisata Batu Kuda sedang hujan saat kejadian, namun tidak ada penutupan lantaran hujan tidak deras.

"Kemarin pas kejadian kondisinya hanya biasa hujan rintik-rintik, angin juga biasa, cuma petir luar biasa."

"Kalau cuacanya ekstrem, teman-teman juga dari bawah, bersama masyarakat desa hutan dan petugas, mohon maaf pasti melakukan penutupan," paparnya, Minggu (25/2/2024), dikutip dari TribunJabar.id.

Menurutnya, saat sore hari, cuaca di kawasan wisata Batu Kuda justru cerah dan para korban berkemah pada malam hari.

"Kami sudah ngasih imbauan juga (bagi semua pengunjung), cuma memang saat itu gak dikatakan rawan petir (jadi tak ada imbauan antisipasi petir)."

"Kalau imbauan lainnya, seperti hati-hati hujan deras, rawan pohon tumbang, dan petunjuk arah evakuasi dilakukan, tapi kalau petir ini gak biasanya aja," bebernya.

Diketahui, kedua mahasiswa UNPAD yang meninggal yakni Mitzelion Rayi Adimastya, mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2021 dan Bangkit Alyuda Prasetyo, mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2022.

Endan menambahkan kawasan wisata Batu Kuda tidak rawan petir, namun petugas sudah memberikan imbauan ke pengunjung untuk berhati-hati.

"Selama ini baru kali ini saja. Jadi kita setelah kejadian ini tetap disampaikan kalau hujan jangan deket ke pohon, hati-hati petir dan lainnya," tuturnya.

Baca juga: 5 Pendaki Asal Banten Tersambar Petir di Gunung Cikuray Garut, Satu Orang Meninggal Dunia

Endan menjelaskan kedua korban berkemah bersama teman-teman kampusnya dengan totol rombongan tujuh orang.

"Teman-temannya saat kejadian langsung panik, menghubungi keluarga dan temannya. Pihak kami juga langsung melakukan koordinasi dengan kepolisian dan membawa korban ke RS AMC," tandasnya.

Ia turut berduka cita atas meninggalnya dua mahasiswa UNPAD saat berkemah di wisata Batu Kuda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat