androidvodic.com

Pengamat Bicara Peluang Muhammad Rudi Maju Pilgub Kepulauan Riau - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Peneliti Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP), Sheviana Paramitha bicara soal peluang Walikota Batam Haji Muhammad Rudi atau HMR yang disebut bakal maju sebagai Calon Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) di Pilgub 2024.

Sheviana menilai HMR mempunyai sejumlah modal penting yang bisa menjadi alasan kuat untuk bisa bicara banyak di Pilgub Kepri 2024 mendatang.

Modal utama HMR menurut Sheviana tentu saja kesuksesannya memimpin Batam selama dua periode.

"Semua pihak mengakui Batam di bawah kendali Rudi benar-benar maju. Kalau kita tarik ke belakang atau sebelum Rudi datang, Batam menghadapi berbagai tantangan, seperti pertumbuhan ekonomi yang lambat dan kurangnya infrastruktur yang memadai. Namun, Rudi mampu mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan menjadikan Batam sebagai 'Bandar Dunia yang Madani”, kata Sheviana kepada wartawan, Jumat (1/3/2024).

Sheviana menjelaskan, rekam jejak saat HMR memimpin Batam tersebut membuat warga Kepri secara umum ingin daerahnya maju seperti Batam.

Hal ini yang membuat HMR bisa mendapat dukungan masif tidak hanya dari warga Batam tetapi juga dari seluruh wilayah di Kepri.

"Kalau Rudi maju di Pilgub, tentu saja warga Batam akan solid mendukungnya karena sudah teruji sukses selama memimpin Batam. Kemudian warga dari daerah lain tentu mengharapkan daerahnya juga maju seperti Batam," kata dia.

"Maka kemungkinan besar mereka akan berbondong-bondong mengarahkan dukungannya kepada Rudi," ujar dia.

Sheviana menduga HMR jug bisa bersaing dengan gubernur petahana Ansar Ahmad.

Menurutnya, Ansar akan kehilangan separuh kekuatannya setelah kemungkinan besar tidak akan berpasangan dengan Marlin Agustina.

"Biasanya petahana akan dijagokan menang. Tapi saya melihat jika Ansar tidak berpasangan dengan Marlin pasti kekuatannya menurun. Diakui atau tidak saat Pilkada 2020 lalu, Marlin menyumbang suara yang signifikan," kata dia.

"Jadi saat kekuatan Ansar menurun, Rudi sangat mungkin mengambil alih untuk menjadi orang nomor satu di Kepri," pungkasnya.

Dilansir dari Tribun Batam, Pilkada Kepri 2024 tanggal 27 November masih hitungan bulan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat