androidvodic.com

4 Pelajar SMP di Tasikmalaya Ditangkap Karena Mencuri Sepeda Motor dan Kotak Amal, Ini Modusnya - News

News, TASIKMALAYA - Polisi menangkap empat pelajar SMP di Tasikmalaya, Jawa Barat, karena mencuri sepeda motor dan kotak amal di beberapa masjid.

Keempat pelajar SMP tersebut adalah AN (15), AG (16), MI (16), dan RE (16).

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Joko Sulistiono mengatakan, para pelaku melakukan aksinya dengan cara hunting atau mencari sepeda motor yang terparkir di tempat umum.

Baca juga: Pergoki Pencurian di Warung, Content Creator Bitung Diserang 4 Maling, Sekujur Tubuh Luka

"Mereka melakukannya dengan cara hunting atau mencari sepeda motor yang diparkir, kemudian merusak kunci stang dan membawanya kabur," jelas Joko kepada TribunPriangan.com melalui keterangan resminya pada Senin (4/3/2024).

Joko juga mengatakan, bahwa aksi para bocah tersebut berhasil teridentifikasi melalaui rekaman CCTV dan bukti-bukti lainnya.

“Setelah kami lakukan penyelidikan lebih lanjut, keempat anak tersebut akhirnya berhasil diamankan dan mengakui perbuatannya,” jelas dia.

Para pelaku diketahui telah berhasil mencuri sepeda motor Suzuki Satria FU di Jalan Peta, Honda Beat di Jalan Siliwangi, dan Yamaha Mio di Gunung Roay.

“Motifnya, yakni ingin memiliki sepeda motor, kemudian mencari sepeda motor yang terparkir di depan rumah dan merusak kunci stangnya dengan paksa dan membawanya ke salah satu komplek Perumahan,” terang Joko.

"Untuk menyamarkannya, sepeda motor hasil curian tersebut dipreteli,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Joko juga mengungkap bahwa keempat bocah itu terlibat dalam pencurian kotak amal di beberapa masjid di Kota Tasikmalaya, seperti di Masjid Universitas Siliwangi (Unsil) dan Perumahan Batara.

Baca juga: Viral Sekelompok Warga di Jeneponto Serang Lokasi Persembunyian Pelaku Pencurian dan Rudapaksa

"Kami masih terus melakukan pendalaman, karena para pelaku masih di bawah umur,” terangnya.

Joko juga mengatakan, bahwa tiga bocah tersebut masih berstatus pelajar dan satu bocah putus sekolah.

“Namun, proses hukum akan terus dilakukan terhadap keempat anak tersebut supaya mereka dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tegas dia.

Baca juga: Pencurian Kalung Emas Siswi TK di Ponorogo, Seorang Wali Murid Diamankan, Tarik Paksa Kalung Korban

“Hal tersebut agar dapat menjadi pembelajaran bagi mereka dan juga sebagai upaya pencegahan agar kasus serupa tidak terulang lagi,” pungkas Joko. (*).

Penulis: Aldi M Perdana

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BIKIN MIRIS 4 Pelajar SMP di Tasikmalaya Diringkus Polisi, Diduga Curi Sejumlah Motor dan Kotak Amal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat