androidvodic.com

Ruang Kantor & Mobil Operasional Rusak akibat Ledakan di Markas Brimob Surabaya, Tak Ada Korban Jiwa - News

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

News, SURABAYA - Sebuah ruang kantor dan satu unit mobil operasional Satbrimob Surabaya  rusak akibat ledakan di dalam markas Detasemen Gegana, Satuan Brimob di kawasan Jalan Gresik, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya, Senin (4/3/2024) pagi.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto memastikan, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Baca juga: BREAKING NEWS: Ledakan Guncang Markas Gegana Brimob Polda Jatim

"Bahwa hari ini tanggal 4 Maret, di Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim terjadi ledakan," ujar Irjen Pol Imam Sugianto pada awak media di Banyuwangi, Senin (4/3/2024) siang.

Irjen Pol Imam Sugianto menjelaskan, ledakan terjadi sekitar pukul 10.19 WIB.

"Alhamdulillah, sementara tidak ada korban jiwa. Kerugian materiil, kantor sama satu mobil yang berisi perlengkapan untuk meledakkan jibom," katanya.

Irjen Pol Imam Sugianto mengungkapkan, ledakan tersebut berasal dari sisa bahan peledak mortir yang disimpan dalam gudang di area markas tersebut.

Ledakan tersebut berasal dari sisa mortir yang dievakuasi dari permukiman warga beberapa waktu lalu.

Rencananya mortir tersebut akan dilakukan pemusnahan (disposal) pada waktu dekat atau beberapa pekan nanti.

"Diduga ledakan ini berasal dari sisa-sisa temuan bahan peledak yang akan dimusnahkan atau disposal," jelasnya.

Baca juga: Bunyi Ledakan Mengejutkan Warga Pesanggrahan Jakarta, Sempat Muncul Kobaran Api

Irjen Pol Imam Sugianto mengakui, Tim Jihandak Gegana Satbrimob Polda Jatim belum memiliki gudang yang sesuai untuk melakukan penyimpanan sementara terhadap temuan mortir, sebelum dilakukan pemusnahan.

"Jadi kebetulan di Jibom Gegana Polda Jatim ini kita belum memiliki gudang yang standar. Jadi sisa bahan peledak itu disimpan di sebelah Kantor Detasemen Gegana. Tadi pagi meledak," terangnya.

Hingga kini, Irjen Pol Imam Sugianto menegaskan, pihaknya sedang mengerahkan sejumlah unit jajaran Polda Jatim untuk menyelidiki ledakan tersebut.

Seperti Tim Labfor Polda Jatim, Tim Gegana Satbrimob Polda Jatim, dan Anggota Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Saat ini, tim sedang bekerja dari Labfor. Kemudian didampingi Gegana sendiri, sedang olah TKP. Termasuk dibackup oleh Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak," katanya.

"Mudah-mudahan nanti setelah kita mendapatkan hasil lengkap. Kita akan informasikan kepada rekan-rekan," jelasnya.

Disinggung mengenai beredar kabar satu orang anggota kepolisian tewas akibat ledakan tersebut, Irjen Pol Imam Sugianto memastikan, kabar tersebut tidak benar.

"Sementara tidak ada. Ini murni kecelakaan, ledakan, yang tidak diduga dari sisa-sisa bahan peledak. Kategori low explosive," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Kapolda Jatim Buka Suara soal Ledakan di Markas Brimob Surabaya, Pastikan Tak Ada Korban Tewas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat