androidvodic.com

Lapas Kelas IIB Selong di Lombok Digeledah, Gunting, Cutter hingga Ikat Pinggang Besi Disita - News

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

News, LOMBOK TIMUR - Lapas Kelas IIB Selong, Kanwil Kemenkumham NTB melakukan penggeledahan di blok kamar hunian.

Hasilnya petugas menyita 1 buah ikat pinggang besi, 2 buah korek api, 2 buah gunting, 2 buah cutter, 2 buah baterai jam, dan 1 buah potong kuku, sedangkan hp dan narkoba nihil.

Baca juga: Mantan Menpora Imam Nahrawi Bebas Bersyarat Dari Lapas Sukamiskin Hari Ini

Penggeledahan kamar hunian warga binaan dilakukan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-2077.PK.08.05 Tahun 2024 tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Bulan Suci Ramadhan 2024.

Selain penggeledahan, peatgas Lapas Kelas IIB Selong melaksanakan tes urine untuk memastikan agar Warga Binaan (WB) terhindar dari narkoba dan juga penyakit.

Petugas Lapas Kelas IIB Selong saat menggeledah kamar warga binaan, Kamis (7/3/2024). Sidak dilakukan menjelang masuknya bulan Ramadhan.
Petugas Lapas Kelas IIB Selong saat menggeledah kamar warga binaan, Kamis (7/3/2024). Sidak dilakukan menjelang masuknya bulan Ramadhan. (Dok.Istimewa)

Kepala Lapas (Kalapas) Lelas IIB Selong Ahmad Sihabuddin mengatakan, kegiatan ini dilakukan sekitar pukul 21.00 Wita sebagai komitmen dalam menciptakan Lapas Kelas IIB Selong yang bersih dari handphone, pungli, dan narkoba (harlinar) yang dikhawatirkan berpengaruh terhadap kondusivitas Lapas.

Ia juga mengungkapkan, tentang pentingnya kegiatan ini sebagai upaya deteksi dini atas gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

"Kegiatan ini sangat penting dilakukan dan menjadi rutinitas yang sering dilakukan oleh Satgas Kamtib Lapas Kelas IIB Selong," ucap Sihabuddin setelah dikonfirmasi, Jumat (8/3/2024).

Baca juga: Tiga WBP di Lapas Manado Dapat Pembebasan Bersyarat, Satu di Antaranya Terlibat Kasus Pembunuhan

Dalam menyambut bulan suci Ramadan maka deteksi dini terhadap gangguan kamtibmas harus dilakukan secara ekstra.

Tujuannya agar petugas maupun warga binaan dapat menjalankan ibadah puasa dengan maksimal.

"Kita berharap pada Ramadhan nanti Kamtibmas di dalam Lapas terus terjaga," kata Sihabuddin.

Artikel ini telah tayang di TribunLombok.com dengan judul Menjelang Ramadhan, Lapas Kelas IIB Selong Geledah Kamar Warga Binaan dan Sita Senjata Tajam

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat