androidvodic.com

Penyu Belimbing Berbobot Ratusan Kilogram Terdampar di Bangka Barat Sirip Kirinya Putus - News

News, BANGKA -- Seekor Penyu Belimbing yang memiliki berat ratusan kilo terdampar di Pesisir Pantai Tanjung Ular, Desa Air Putih, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat ( Babel ), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( Babel ), Senin (11/3/2024) sekira pukul 14.30 WIB.

Penyu Belimbing yang terdampar tersebut menjadi tontonan warga dan kondisinya memprihatinkan.

Seorang nelayan menceritakan kondisi penyu, yang mana sirip sebelah kirinya putus.

"Kondisi ditemukan dengan tangan sirip depan, kiri putus. Tapi tidak ada luka, kondisinya hidup beratnya ratusan kilo ," kata Albert Nelayan Desa Air Putih kepada Bangkapos.com, Senin (11/3/2024).

Penyu saat ini sudah diselamatkan oleh Albert beserta warga lainnya. Untuk sementara diletakkan di dekat sungai air payau yang berada dekat perairan Tanjung Ular.

"Karena kondisi siripnya atau tangannya masih satu, ia tidak bisa berenang, dan apabila dilepas saat ini gelombang besar, nanti dia terdampar lagi," katanya.

Dia menambahkan, direncanakan pada Selasa (12/3/2024) hari ini, tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Provinsi Babel bakal datang untuk melihat kondisi penyu.

Karena menurutnya, penyu Belimbing ini merupakan hewan dilindungi, sehingga harus mendapatkan perlindungan.

"Selain penyu, sebelumnya kami juga pernah menemukan dugong, yang terdampar, karena perairan laut Tanjung Ular ini merupakan laut lepas banyak satwa lautnya," katanya.

Baca juga: Demi Kesejahteraan Satwa, 18 Penyu Hijau Hasil Sitaan Kejahatan Penyelundupan Dilepasliarkan

Terlihat juga warga pesisir tengah mengabadikan melalui video detik-detik penyu itu terdampar dan berusaha diselamatkan oleh sejumlah warga.

Dalam video, nampak penyu belimbing yang memiliki berat ratusan kilo itu, terjebak di pasir pesisir pantai, ia tak dapat bergerak ke tengah laut.

Sejumlah warga yang mengetahui, menolong dan berusaha mengevakuasi penyu itu dengan mengangkat penyu menggunakan seutas tali dan kayu.

Untuk diketahui, Penyu Belimbing adalah sejenis penyu raksasa dan satu-satunya jenis dari suku Dermochelyidae yang masih hidup.

Bahkan, penyu ini merupakan penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil keempat terbesar di dunia setelah tiga jenis buaya.

Penyu belimbing yang bernama latin Dermochelys coriacea ini telah bertahan hidup selama lebih dari ratusan juta tahun, dan kini menghadapi kepunahan. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Penyu Belimbing Terdampar di Pantai Tanjung Ular Bangka Barat, Sirip Sebelah Kiri Putus, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat