androidvodic.com

Longsor Susulan di Empat Titik, Jalan Raya Majalengka-Kuningan Kembali Ditutup untuk Kendaraan - News

News, - Jalan Raya Majalengka - Kuningan, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kembali ditutup untuk dilalui kendaraan sejak Sabtu (16/3/2024) malam.

Hal ini dilakukan karena terjadi longsor susulan di beberapa tempat sepanjang jalan raya tersebut.

Terlihat material longsor yang menutupi jalan seperti lumpur setinggi kira-kira 20 cm - 30 cm.

Atas penutupan ini, maka pengendara dialihkan melalui jalur alternatif.

Baca juga: Bencana Alam Tanah Longsor dan Banjir di Puncak Jaya Menewaskan 2 Orang

Akses alternatif itu yakni melalui Desa Gunungmanik, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, dan Jalan Cidulang - Cipulus menuju Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Majalengka, Rezza Permana, mengatakan, peristiwa longsor susulan tersebut terjadi pada Sabtu malam kira-kira pukul 19.45 WIB.

"Longsor kali ini terjadi di titik keempat dalam peristiwa sebelumnya pada pekan lalu," ujar Rezza dikutip dari TribunJabar, Minggu (17/3/3024).

Menurutnya, petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, dan lainnya juga telah berada di lokasi untuk mengasesmen dampak longsor yang menutup jalur itu.

Ia mengatakan, tim kedua juga telah diberangkatkan ke lokasi longsor untuk menanggulangi dampak bencana di jalur yang menghubungkan Cirebon - Kuningan - Majalengka - Ciamis tersebut.

Pihaknya pun meminta masyarakat yang hendak melintasi ruas jalan nasional Majalengka - Kuningan untuk berhati-hati, dan mematuhi arahan petugas gabungan menggunakan jalur alternatif.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pengendara yang perjalanannya terganggu akibat dampak longsor susulan di jalan nasional Majalengka - Kuningan," kata Rezza.

Bencana longsor juga sempat menutup ruas jalan tersebut pada Selasa (5/3/2024), dan baru dibuka kembali pada Senin (11/3/2024) setelah seluruh material longsor dibersihkan.

Saat itu, terdapat empat titik longsor di sepanjang jalur yang berada di areal perbukitan, dan konturnya berkelok-kelok tersebut, sedangkan peristiwa kali ini terjadi di titik keempat.(Ahmad Imam Baehaqi/TribunJabar)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Jalan Raya Majalengka-Kuningan di Cikijing Ditutup Lagi karena Ada Longsor Susulan di Titik Keempat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat