androidvodic.com

Pasien RS di Bangkalan Madura Hendak Kabur Karena Gempa, BPBD Terpaksa Turun Tangan - News

News, BANGKALAN– Kepanikan sempat terjadi di RSU Anna Medika Bangkalan, Madura, Jawa Timur, akibat getaran gempa di Tuban, Jumat (22/3/2024).

Pihak rumah sakit terpaksa menelon Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar datang menenangkan pasien.

Baca juga: Gempa M 6,5 Guncang Tuban, Dirasakan hingga Pulau Kalimantan

“Mohon untuk datang ke Anna Medika karena pasien-pasien takut, belum ada penjelasan, meminta penjelasan dari BPBD. Sekitar pukul 11.27 WIB, empat personel kami tiba di lokasi,  satu petugas pria dan tiga perempuan,” ungkap Kepala BPBD Bangkalan, Heri Geger Susianto.

Ia menjelaskan, BPBD awalnya menerima laporan ada pasien yang hendak kabur tetapi berhasil ditenangkan kembali setelah mendapatkan penjelasan dari petugas BPBD bahwa.

Kabupaten Bangkalan memang terdampak berupa getaran akibat gempa bumi di Tuban.

“Dirasakan gempa agak cukup lumayan, sekitar 3 detik saya juga merasakan. Seperti yang tergambar dalam peta kami, sempat terjadi terjadi susulan tetapi sangat kecil sekali,” jelasnya.

Seperti diketahui, BMKG melalui BPBD Bangkalan, gempa Magnitude 6,1 itu terjadi di Timur Laut Tuban pada pukul 11:22:45 WIB pada 132 Km Timur Laut Tuban dengan kedalaman 10 Km.

Dirasakan di Bawean III - IV MMI, Jepara, Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, Yogyakarta II - III MMI.

“Pasien di Anna Medika merasakan ketakutan karena gempa. Alhamdulillah setelah sampai di sana (Anna Medika), para pasien kami berikan penjelasan bahwa Bangkalan memang terdampak tetapi ini yang sangat berdampak di daerah Tuban,” paparnya.

Baca juga: Gempa Kuat Kembali Guncang Tuban, Getarannya Dirasakan Warga Semarang

Ia menambahkan, sejauh ini belum ada laporan kerusakan fasilitas umum, rumah, maupun korban jiwa. Namun pihak BPBD tetap siaga untuk mengantisipasi antisipasi di Bangkalan ada 18 kecamatan.

“Di kala ada warga melapor ada kerusakan, BPBD akan datang melihat lokasi terdampak,” pungkasnya

Penulis: Ahmad Faisol

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Kepanikan Pasien RS di Bangkalan saat Diguncang Gempa Tuban, BPBD Sampai Turun Tangan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat