androidvodic.com

Upaya Penutupan Tanggul Sungai Wulan di Demak yang Jebol, Kodam IV/Diponegoro Kerahkan Prajurit - News

News - Inilah kabar terbaru soal banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang disebabkan oleh jebolnya tanggul Sungai Wulan beberapa waktu lalu.

Untuk membantu proses penutupan tanggul yang jebol, Kodam IV/Diponegoro mengerahkan prajuritnya untuk menutup tanggul yang jebol.

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, mengatakan, tanggul yang jebol kemungkinan akan tertutup satu hingga dua hari.

"Kemarin saya ke tanggul kebetulan masih ada 10 meter belum tertutup," ujarnya saat ditemui di Makodam IV/Diponegoro, Kamis (21/3/2024), dikutip dari TribunJateng.com.

Ia mengungkapkan masih ada sisa tanggul yang berlum tertutup di sisi lainnya dan diperlukan besi pancang.

"Kemarin sisanya itu ternyata dengan pancangan masih kurang, jadi agak dalam sehingga besinya harus lebih dari 6 meter nah itu memang kendala di lapangan padahal targetnya hari ini juga sudah bisa kami atasi," jelasnya.

Ia pun berharap, tanggul yang jebol bisa segera tertutup.

Selain itu, Deddy juga mengatakan, tanggul Sungai Bogel yang jebol juga bisa segera tertutup.

"Kami belum update lagi seperti apa, mudah-mudahan satu dua hari ini selesai. Tinggal Sungai Wulan sama Sungai Bogel ada tiga titik tapi kemarin dua sudah, hari ini mungkin sudah satu titik, kalau sudah selesai tinggal Wulan aja," tuturnya.

Pihaknya pun berupaya untuk menambah personel untuk membantu menutup tanggul.

"Perlu banyak orang. Makanya kami siapkan minimal kemarin dari 100 ini ada tambahan-tambahan lagi. Semaksimal mungkin kita siapkan berpacu dengan waktu, dengan cuaca," tandasnya.

Baca juga: Jokowi Pastikan Penutupan Tanggul Jebol Penyebab Banjir Demak Bakal Rampung Hari Ini

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, perbaikan tanggul yang jebol direncanakan selesai hari ini, Jumat (22/3/2024).

"Tadi saya tanya ke Pak Menteri PU yang jebol sudah dikerjakan, kita harapkan dalam malam ini atau besok sudah bisa nutup, memang airnya melimpah sangat besar sekali," kata Presiden usai menyaksikan laga Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup F di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Kamis malam.

Presiden Jokowi menuturkan, upaya penutupan tanggul sebenarnya telah dilakukan dan telah berhasil, sebelum jebol kembali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat