androidvodic.com

Tukang Galon di Yahukimo Papua Tewas Dianiaya, TPNPB Tuding Korban Mata-mata TNI yang Menyamar - News

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

News, JAYAPURA - Jhonsep Salempang, pria yang sehari-harinya berprofesi sebagai tukang galon tewas diserang orang tak dikenal (OTK), Sabtu (30/3/2024).

Belakangan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyatakan pihaknya  bertanggungjawab atas pembunuhan Jhonsep Salempang.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menyebut dalang pembunuhan itu adalah Kodap XVI Yahukimo di bawah komando Elkius Kobak.

Sebby menuding korban sebagai mata-mata TNI yang menyamar sebagai distributor air minum kemasan galon.

Baca juga: Buntut Penganiayaan Anggota KKB Defianus Kogoya, Kronologis hingga 13 Prajurit TNI Jadi Tersangka

"TPNPB Kodap XVI Yahukimo di bawah pimpinan Tiruan Boni Sobolim dan pasukannya berhasil bunuh satu anggota TNI yang menyamar sebagai distributor galon air selama ini di Yahukimo," klaim Sebby dalam keterangan resminya, Senin (1/4/2024).

Ia menegaskan, pembunuhan murni dilakukan anggota TPBPB setelah sebelumnya melakukan pemantauan terhadap aktivitas korban.

"Oleh karena itu, pihak TNI dan Polri jangan tangkap masyarakat sembarang, karena pembunuhan ini murni dilakukan oleh pasukan TPNPB Yahukimo," jelasnya.

Kronologis Kejadian

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan Jhonsep diserang saat tengah berada di Jalan Bandara, Distrik Dekai, Yahumiko, Papua Pegunungan sekitar pukul 14.00 WIT.

"Saat itu korban yang bekerja sebagai pengantar galon, sedang dalam perjalanan menuju kota. Saat melintas di tempat kejadian perkara, korban diduga diadang oleh OTK dan kemudian diserang menggunakan senjata tajam hingga membuatnya terkapar di pinggir jalan," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ignatius Benny Ady Prabowo dalam rilisnya, Senin (1/4/20244).

Menurut Kapolres Yahukimo, AKBP Heru Hidayanto, korban ditemukan oleh warga dalam keadaan meninggal dunia.

Jenazah korban telah dibawa ke RSUD Dekai untuk mendapatkan penanganan medis.

Baca juga: Pasca Penembakan KKB Tewaskan 2 Polisi, Seorang Warga Sipil Ditemukan Tewas Terkena Panah

"Pada tubuh korban ditemukan beberapa luka akibat serangan senjata tajam, sehingga pihak rumah sakit melakukan tindakan pembersihan dan penjahitan luka," ujarnya.

Heru mengatakan, jenazah korban telah dikirim pada hari Minggu (31/3/2024) dari Kabupaten Yahukimo ke Toraja dan akan disemayamkan di kampung halamannya.

Heru menegaskan, aparat dikerahkan mengejar pelaku untuk mengungkap motif dibalik kejadian tragis ini.

"Masyarakat diminta untuk memberikan informasi apapun yang dapat membantu dalam proses penyelidikan agar pelaku dapat segera ditangkap dan diadili sesuai dengan hukum yang berlaku," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul TPNPB Organisasi Papua Merdeka Bertanggung Jawab Atas Pembunuhan Jhonsep Salempang di Yahukimo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat