androidvodic.com

Lautan Pemudik Motor di Pelabuhan Ciwandan, Antre 4 Jam Demi Menyeberang ke Sumatera - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, CILEGON - Jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua alias sepeda motor, terpantau mengalami peningkatan signifikan di kawasan Pelabuhan Ciwandan, Banten, pada Minggu (7/4/2024) pagi.

Berdasarkan pantauan Tribunnews di lapangan, terlihat 'lautan' pemudik motor, di mana panjang antrean mencapai lebih dari 1 kilometer dari titik terakhir menuju kapal ferry penyeberangan.

Baca juga: Tetap Bisa Pulkam, Pemudik yang Belum Punya Tiket di Merak Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan

Pantauan Tribunnews hingga sekitar pukul 06.00 WIB, pemudik motor masih tertahan di beberapa titik Pelabuhan Ciwandan.

Ada yang tertahan di kantong parkir, di loket pemindaian tiket, di pos pertama kali masuk, hingga di luar gerbang.

Buntut darj panjangnya antrean, banyak pemudik motor yang tidak sabar imbas menunggu dalam waktu yang lama.

Baca juga: ASDP: Tiket Ferry Merak-Bakauheni untuk Jadwal sampai 8 April 2024 Ludes Terjual

Terdengar beberapa pemudik berteriak kepada petugas untuk segera membuka akses menuju dermaga kapal ferry yang menyeberangkan pemudik ke Sumatera ini.

Keadaan semakin gemuruh ketika pemudik yang tak sabar langsung membunyikan klakson kendaraannya.

Jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua alias sepeda motor, terpantau mengalami peningkatan signifikan di kawasan Pelabuhan Ciwandan, Banten, pada Minggu (7/4/2024) pagi.
Jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua alias sepeda motor, terpantau mengalami peningkatan signifikan di kawasan Pelabuhan Ciwandan, Banten, pada Minggu (7/4/2024) pagi. (News/Bambang Ismoyo)

Salah satu pemudik, Yuda, mengaku tiba di Pelabuhan Ciwandan sekitar pukul 03.00 WIB.

Namun hingga pukul 06.00 WIB, dirinya belum dapat masuk ke dalam kapal penyeberangan.

"Sudah nunggu sekitar 4 jam di sini. Kebetulan saya dari Bogor mau mudik ke Lampung," ucap Yuda di Posko Penumpang di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Minggu (7/4/2024).

Sementara itu, seorang petugas yang tengah berjaga di Pelabuhan Ciwandan mengungkapkan, antrean kali ini terbilang cukup parah.

Adapun panjang antrean lebih dari 1 kilometer.

"Ini kayaknya lebih parah dari kemarin, panjangnya lebih dari enggak sampai 2 kilometer," ucapnya.

Jumlah pemudik dari Pulau Jawa menuju Sumatera yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua, mengalami peningkatan signifikan pada H-4 Idul Fitri atau Sabtu (6/4/2024).

Berdasarkan data dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) selaku pengelola Pelabuhan Ciwandan, jumlah motor yang menuju Sumatera sebanyak 12.564 unit.

Angka ini masih akan terus meningkat, karena 12.564 unit motor merupakan data per 6 April 2024 dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Adapun, data secara keseluruhan akan dirilis pasca jam 00.00 WIB, Minggu (7/4/2024).

Angka ini bisa melonjak hingga 3 kali lipat dibandingkan kemarin H-5 Lebaran (5/4/2024).

Adapun berdasarkan data Pelindo yang dihimpun Tribunnews, pada H-7 Lebaran jumlah motor yang melintas sebanyak 1.432 unit, kemudian pad H-6 sebanyak 2.258 unit, H-5 sebanyak 4.710 unit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat