androidvodic.com

Puncak Arus Mudik Terjadi H-3 Lebaran, Jumlah Pemudik Motor di Pelabuhan Ciwandan Siang Ini Melandai - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, CILEGON - Jumlah kendaraan bermotor roda dua dari Pulau Jawa menuju Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan, Banten, terpantau mengalami penurunan intensitas pada H-2 Lebaran atau Senin (8/4/2024) siang.

Berdasarkan pantauan Tribunnews di lapangan pada pukul 11.30 WIB, jumlah kendaraan bermotor menurun signifikan jika dibandingkan H-3 Lebaran pada 7 April 2024.

Baca juga: H-4 Lebaran, Jumlah Sepeda Motor yang Melintas ke Sumatera dari Pelabuhan Ciwandan Tembus 15 Ribu

"Sekarang sepi kalau dibandingkan kemarin. Kalau kemarin kan ada antrean sampai panjang. Pada enggak sabar juga orang-orang," ucap salah seorang petugas yang berada di Kawasan Pelabuhan Ciwandan, Banten, Senin (8/4/2024).

Petugas tersebut juga membeberkan, pada siang hari di Pelabuhan Ciwandan, jumlah pemudik biasanya memang tak terlalu membludak.

Hal ini dikarenakan para pemudik sepeda motor lebih sering melakukan perjalanannya pada sore ataupun malam hari.

Sebagai tambahan informasi, jumlah kendaraan motor yang hendak menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan, Banten, telah menembus angka 46.110 kendaraan.

Angka tersebut merupakan akumulasi jumlah kendaraan roda dua pada periode arus mudik sejak 3 April 2024 (H-7) hingga 7 April 2024 (H-3).

Data tersebut berasal dari PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo, selaku pengelola Pelabuhan Ciwandan.

Jika dilihat secara detail, tren peningkatan terjadi sejak H-7 Lebaran. Dan kini pada Senin (8/4) sudah mulai melandai.

Adapun berdasarkan data Pelindo yang dihimpun Tribunnews, pada H-7 Lebaran jumlah motor yang melintas sebanyak 1.432 unit, kemudian pad H-6 sebanyak 2.258 unit, H-5 sebanyak 4.710 unit, H-4 sebanyak 16.831 unit, dan H-3 sebesar 20.879 unit.

Baca juga: Tetap Bisa Pulkam, Pemudik yang Belum Punya Tiket di Merak Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan

Dengan demikian, sejauh ini puncak arus mudik di Pelabuhan Ciwandan terjadi pada Minggu, 7 April 2024.

Dalam data tersebut juga disebutkan, jumlah penumpang (orang) yang melintas di Pelabuhan Ciwandan sebanyak 65.573 orang, sejak periode H-7 hingga H-3 lebaran.

Diketahui, Pelabuhan Ciwandan merupakan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo khusus melayani pengiriman kargo atau logistik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat