androidvodic.com

Rumah Warga di Ciamis Digenangi Banjir saat Momen Lebaran 2024, Air Sungai Naik setelah Hujan Lebat - News

News - Rumah warga di Lingkungan Kalapajajar Ciamis, Jawa Barat digenangi air saat momen Lebaran 2024 kemarin.

Tiga keluarga di lingkungan tersebut berlebaran di tengah genangan air akibat luapan Sungai Ciburian.

Air meluap setelah hujan lebat dalam durasi yang lama pada Rabu (10/4/2024) kemarin.

Diketahui tiga rumah yang terdampak yakni milik Ibu Lia, Bapak Cucu, dan Pak Rudi yang lokasinya berada di Lingkungan Kalapajajar RT 001/018, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis.

Alhasil, ketiga keluarga tersebut harus membersihkan rumah mereka yang tergenang air juga lumpur di dalam rumahnya masing-masing.

Menurut Ade Deni, Ketua Penasehat FK Tagana Kabupaten Ciamis, kejadian banjir itu disebabkan oleh hujan deras yang melanda wilayah Ciamis sehingga air Sungai Ciburiang meluap, akibatnya masuk ke rumah warga yang dekat dengan lokasi sungai.

“Petugas mendapat laporan dari warga yang terdampak, dan langsung merapat ke lokasi rumah yang sudah digenangi air berwarna coklat disertai lumpur,” ungkapnya.

Air dan lumpur masuk ke lokasi rumah dan menggenangi seluruh ruangan, warga pun berjibaku menolong ketiga keluarga yang rumahnya terdampak.

"Petugas dan warga bergotong royong membersihkan dan berusaha menguras air dan lumpur dari dalam rumah. Akibatnya barang-barang warga yang berada di lantai semuanya basah dan kotor," tambahnya.

Setelah air dapat dikeluarkan dari dalam rumah, keluarga segera membersihkan sisa-sisa lumpur yang masih menempel pada lantai juga barang-barang yang terkena banjir.

“Saat ini banjir sudah surut, dan warga bergotong royong membantu tiga keluarga tersebut untuk membersihkan dan mengatur kembali perabot rumahnya,” jelasnya.

Adapun nsur yang terlibat dalam upaya membersihkan rumah pasca banjir itu antara lain Pemdes Kelurahan Ciamis, Anggota Tagana Ciamis dan Babinmas Babinsa Kelurahan Ciamis.

"Saya imbau untuk masyarakat yang tinggal dekat sungai, agar lebih hati-hati untuk mengantisipasi limpasan air yang sewaktu-waktu dapat terjadi bila air meluap,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Banjir Luapan Sungai Ciburiang di Ciamis: 3 Keluarga Melewatkan Momen Idul Fitri, Rumahnya Tergenang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat