androidvodic.com

6 Orang Karyawan Kahatex Sumedang Keracunan Gas Saat Bersihkan Kolam Limbah, 1 Orang Meninggal Dunia - News

News, - Enam karyawan PT Kahatex, di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, keracunan gas saat membersihkan kolam penampungan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (13/4/2024) pagi, di mana korban langsung ditangani petugas medis di klinik milik perusahaan tekstil tersebut dan satu orang tidak tertolong.

Kepala Bagian Umum PT Kahatex, Ludy Sutedja mengatakan, kejadian keracunan gas terjadi pada pukul 10.00 WIB saat karyawan membersihkan kolam limbah.

"Ada enam korban. Saat kejadian, keenam korban tengah membersihkan kolam penampungan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)," kata Ludy kepada TribunJabar.id.

Baca juga: Pakai Tali Gunung dan Jangkar, BPBD Pringsewu Evakuasi 2 Lansia Tewas di Sumur Diduga Keracunan Gas 

Menurutnya, semua korban karyawan yang meninggal dunia berasal Kabupaten Garut.

"Satu orang meninggal dunia di klinik, satu orang dirujuk ke RS Bunda, satu orang masih di klinik Kahatex, dan tiga orang dilarikan ke RS Keselamatan Kerja," katanya.

Ia menyebutkan, pihkanya telah meloporkan kejadian ini kepada pihak Kepolisian.

"Sudah, Polisi juga sudah dihubungi," kata Ludy.

Kronologi

Ludy menjelaskan, peristiwa ini berawal ketika keenam korban sedang menguras lumpur bak ekualisasi IPAL.

Saat sedang bekerja, kata Ludy, salah seorang pekerja turun ke bawah kolam ekualalisasi limbah, kemudian pingsan diduga akibat menghirup gas beracun.

"Melihat korban pertama jatuh lunglai, teman-temannya berusaha menolong, namun ikut jatuh lunglai satu per satu," ujarnya.

"Korban yang meninggal dunia merupakan orang kedua yang turun ke kolam ekualalisasi," katanya.

Menurutnya, saat kejadian tersebut, kondisi air di bak ekualisasi yanng berukuran besar sudah surut.

"Menurut laporan yang diterima dari Kepala Bagiannya, kondisi air sudah surut, paling tinggal semata kaki lagi, namun ada tumpukan lumpur limbah," katanya. (Kiki Andriana/TribunJabar)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul KRONOLOGI Karyawan PT Kahatex Sumedang Hilang Nyawa Akibat Hirup Gas Beracun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat