androidvodic.com

Almarhum Danramil Aradide Lettu Anumerta Oktavianus Sogalrey Dimakamkan Militer di TMP Nabire - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Prosesi pemakaman Jenazah Lettu Inf (Anumerta) Oktovianus Sogalrey (Danramil 1703-04/Aradide) dilakukan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jalan Kusuma Bangsa, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah pada Minggu (14/4/2024).

Proses pemakaman dipimpin Danrem 173/PVB Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M mengatakan sebelumnya jenazah Almarhum Oktovianus disemayamkan di Rumah Duka Kelurahan Kaliharapan, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah pada Minggu (14/4/2024) Pukul 13.00 WIT.

Kegiatan diawali dengan upacara pelepasan dan penyerahan jenazah Lettu Inf (Anm) Oktovianus Sogalrey.

Lebih lanjut, jenazah Almarhum Oktovianus dibawa menuju TMP Nabire dengan menggunakan mobil Jenazah milik Kodim 1705/Nbr.

Setibanya di TMP seluruh rangkaian Pemakaman jenazah Almarhum Lettu Inf (Anumerta) Oktovianus Sogalrey berlangsung khidmat dan lancar.

Pemakaman diawali penaburan bunga dan penimbunan liang lahat secara simbolis oleh Brigjen TNI Franz Yohanes Purba serta keluarga yang ditinggalkan.

Usai meletakan karangan bunga, Franz dalam sambutannya menyampaikan Almarhum Oktovianus semasa hidupnya telah menunjukkan Dharma Bhaktinya dengan baik dan bertanggung jawab kepada bangsa dan negara dengan menunjukkan kesetiaannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Selaku Komandan Korem 173/PVB, atas nama bangsa dan negara serta TNI, menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada Alm atas Dharma Bhaktinya kepada masyarakat, bangsa dan negara," kata Franz dalam keterangan resmi Penerangan Kodam XVII Cenderawasih pada Minggu (14/4/2024).

"Semoga amal ibadahnya diterima oleh Tuhan YME dan almarhum mendapat tempat yang layak disisinya," sambung dia.

Baca juga: Kasus Tewasnya Danramil, Pengamat Desak TNI & Polri Merespons Serius Situasi di Papua

Kepada seluruh pihak yang membantu dalam evakuasi jenazah hingga pada pemakaman maupun kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, Franz atas nama bangsa dan negara beserta pihak keluarga menyampaikan ucapan terima kasih.

"Dan disertai dengan doa agar bantuan yang telah diberikan baik moril maupun materiil semoga mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan YME," kata Franz.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 300 orang.

Turut hadir Pj. Sekda Prov. Papua Tengah Anwar H. Damanik, S.STP, M.Si, Asisten I Provinsi Papua Tengah Kolonel Mar Totok Nurcahyanto, Alusius Youw, Kakesbangpol Provinsi Papua Tengah Drs. Theopilus Lukas Ayomi, Kapolres Nabire AKBP Wahyudi Satrio Bintoro, S.H, S.IK, M.Si, Dandim 1703/Deiyai Letkol Inf I Wayan Deddy Suryanto, S.E, Dankima Yonif 753/AVT Kapten Inf Adrian, Kajari Kab. Nabire Yedivia Rum,SH.MH, dan Ketua Pengadilan Negeri Nabire Rudi Setiawan SH.

Turut hadir pula para Perwira TNI-POLRI garnisun Nabire dan pihak Keluarga serta kerabat almarhum.

Sebelumnya, Oktovianus gugur dibunuh gerombolan OPM saat tengah melintas sendirian mengendarai sepeda motornya di jalan Trans Papua di daerah Pasir Putih, Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah pada Kamis (11/4/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat