androidvodic.com

Pura Mangkunegaran Gelar Adeging Mangkunegaran ke-267, Diisi Kegiatan Budaya, Musik, Hingga Olahraga - News

News, SOLO - Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah, akan menggelar sejumlah event berupa kegiatan budaya, musik, hingga olahraga, dalam rangka merayakan HUT ke-267 Pura Mangkunegaran.

Kegiatan bertajuk Adeging Mangkunegaran ke-267 itu akan berlangsung mulai 17 Maret - 28 April 2024.

Pemimpin Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan, rangkaian acara Adeging Mangkunegaran tahun ini berupa kegiatan budaya, musik, hingga olahraga.

“Adeging Mangkunegaran merupakan upaya bersama merawat kebudayaan. Adeging ini juga jadi momen merayakan ulang tahun Mangkunegaran ke-267," kata KGPAA Mangkoenagoro X di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/4/2024).

"Ini tentu bukan usia yang muda, tapi bagaimana kami hari ini terus tumbuh berkembang dan kebudayaan kita bermanfaat di era hari ini, bukan hanya masa lalu tapi juga untuk ke depannya," imbuhnya.

Baca juga: Jelang Mangkunegaran Run in Solo, Sejumlah Komunitas Lari Pemanasan Lewat NgabubuRun 5K

KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan fokus kegiatan ini adalah bagaimana masyarakat bisa terlibat dalam Adeging Mangkunegaran.

Ia menyebut Adeging Mangkunegaran ini aset bersama dan kebudayaan yang perlu dijaga.

Rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267 diawali dengan Sumunar Mangkunegaran (17 Maret - 28 April 2024), Mangkunegaran MakaN-MakaN (27-28 April), Royal Dinner Mangkunegaran (27 April), Mangkunegaran Run in Solo (28 April) dan Mangkunegaran Laras Hati (28 April).

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi event Adeging Mangkunegaran yang disebutnya bisa memberikan dampak luar biasa terhadap masyarakat Solo dan sekitarnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Pemkot Solo dan Mangkunegaran sangat intens meningkatkan potensi pariwisata di Solo. Kami sangat senang dengan adanya event Adeging Mangkunegaran ini karena sudah terlihat dampaknya yaitu jumlah wisatawan ke Solo meningkat dan multiplier effectnya juga sudah dirasakan oleh UMKM,” jelas Gibran.

Ketua Pembina Yayasan DNC Soenardi Pardi berharap, Adeging Mangkunegaran ke-267 bisa membuat masyarakat terlibat dalam acara ini.

“Dengan adanya acara ini tentu akan ada gangguan yang dialami masyarakat seperti penutupan jalan dan lain-lain. Tapi kami akan berupaya meminimalisir gangguan ini dan berharap masyarakat mau terlibat di acara yang menggembirakan ini,” kata Soenardi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat