androidvodic.com

Malangnya Nasib Petani Wortel di Karo, Merugi setelah Tertipu Bibit Tak Jelas - News

News - Sejumlah Petani wortel di Karo, Sumatera Utara alami nasib malang.

Mereka alami kerugian karena wortel yang mereka tanam tak memberikan hasil yang memuaskan.

Sejumlah petani wortel tersebut tertipu oleh bibit yang didapat dari suplier yang tak jelas kualitasnya.

Hal tersebut juga dialami oleh seorang petani bernama Jhon Musa Purba.

Ia mengungkapkan, dirinya beberapa bulan lalu membeli bibit dari kerabatnya yang mengaku jika bibit tersebut memiliki kualitas yang baik.

Ternyata, saat ditanam hingga kurang lebih dua bulan setengah buah yang dihasilkan dari bibit tersebut memiliki kualitas yang buruk.

Jhon menceritakan awalnya ia membeli bibit tersebut dari orang lain karena bibit lokal dari Kabupaten Karo mengalami kelangkaan.

Ia menjelaskan, beberapa bulan lalu saat masa pembibitan cuaca buruk menjadi faktor utama tidak adanya bibit yang dihasilkan dari para petani maupun pengembang bibit.

"Jadi awalnya itu bibit lokal langka, di pembibitan juga langka. Terus ada informasi dari kawan-kawan ada bibit katanya ini bibit lokal, sudah terjamin, tapi nyatanya jelek hasilnya," ujar Jhon, saat ditemui di ladangnya, di Desa Rumah Kabanjahe, Kecamatan Kabanjahe, Senin (22/4/2024) petang.

Ia mengungkapkan, bibit yang dibelinya seharga 150 ribu rupiah beberapa bulan lalu itu ternyata tak sesuai dengan bibit lokal.

Pasalnya, buah yang dihasilkan dari bibit tersebut jauh berbeda dengan bibit lokal.

Dimana, bibit lokal yang menghasilkan wortel dengan ukuran cukup besar dengan cita rasa manis, sangat berbanding terbalik dengan bibit yang kini sudah hampir bisa dipanen dengan kondisi wortel memanjang dan kecil.

"Pertama ketahuannya itu karena ada informasi hasil wortel punya kawan yang beli bibit sama hasilnya kurus, pas saya cek ke ladang saya ternyata kondisinya juga sama," ucapnya.

Ia menjelaskan dengan hasil seperti ini tentunya para petani sangat dirugikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat