androidvodic.com

Warga Bandung Tewas Saat Mendaki Gunung Ciremai Majalengka, Evakuasi Sempat Terkendala Cuaca - News

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

News, MAJALENGKA - Clifford Boyke Hamonangan Siregar (49), warga Gegerkalong Girang, Bandung, Jawa Barat meninggal dunia saat mendaki di Gunung Ciremai.

Korban memulai pendakian, Minggu (28/4/2024) pagi kira-kira pukul 05.00 WIB.

Kepala Seksi Wilayah 2 Majalengka Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jaja Suharja Senjaya mengatakan, korban berangkat dari jalur pendakian Apuy, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, bersama 13 rekannya dari Komunitas Pendaki Gunung Cirebon Bandung.

"Kami menerima laporan mengenai kondisi korban pingsan dari rekan satu rombongannya," kata Jaja Suharja Senjaya saat dihubungi melalui pesan singkatnya, Rabu (1/5/2024).

Saat itu posisi korban berada 50 meter sebelum Pos 6 Gua Walet, sehingga Tim Ranger Apuy yang bersiaga di Pos 5 Sanghyang Rangkah jalur pendakian Gunung Ciremai pun langsung diberangkatkan.

Baca juga: Sedang Asyik Piknik, Pendaki Gunung Israel Malah Temukan Rudal Iran

Tim Ranger Apuy yang tiba di lokasi korban pada Minggu siang kira-kira pukul 14.30 WIB tersebut langsung memeriksa kondisinya.

Rupanya tidak bernafas serta denyut nadinya juga berhenti.

Bahkan, salah seorang rekannya yang berprofesi sebagai dokter juga turut memeriksa kondisinya dan hasilnya korban dinyatakan telah meninggal dunia.

"Kami langsung mengevakuasi korban ke RSUD Majalengka, dan berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk menghubungi pihak keluarganya," ujar Jaja Suharja Senjaya.

Ia menyampaikan, proses evakuasi korban dari jalur pendakian Gunung Ciremai menuju Posko Apuy juga sempat terkendala hujan yang mengguyur kawasan tersebut.

Karenanya, para petugas yang mengevakuasi korban dari jalur pendakian baru tiba di RSUD Majalengka pada Senin (29/4/2024) dinihari kira-kira pukul 03.00 WIB.

"Pihak keluarga langsung membawa korban ke Bandung, dan berangkat dari RSUD Majalengka pada Senin dinihari kira-kira pukul 04.00 WIB," kata Jaja Suharja Senjaya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Pendaki asal Gegerkalong Bandung Tewas di Gunung Ciremai, Evakuasi Terkendala Cuaca

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat