androidvodic.com

Perjuangan Tim Damkar Selamatkan Anakan Sapi yang Tercebur Sumur 7 Meter - News

News - Tim pemadam kebakaran (Damkar) selain bertugas memadamkan api, juga mempunyai tugas sampingan lainnya.

Salah satunya adalah menyelamatkan seekor anak sapi yang tercebur sumur.

Damkar di Klaten harus berjibaku mengevakuasi anak sapi seberat 100 kilogram yang tercebur sumur di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Anak sapi milik Paikem (67) tersebut tercebur ke sumur sedalam tujuh meter.

Beruntung, anakan sapi jenis metal itu bisa diselamatkan dan dievakuasi petugas tim rescue Satpol PP Damkar Kabupaten Klaten.

Proses evakuasi sapi melibatkan bantuan dari warga, relawan, dan pihak kepolisian setempat.

Pemilik sapi, Paikem bercerita peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Awalnya ia memandikan sapi di sungai dekat lokasi TKP (tempat kejadian perkara).

Kemudian, ia menuntun sapi pulang ke rumahnya yang tak jauh dari TKP. Namun saat sampai di TKP, sapi terlepas, lari, dan tercebur ke dalam sumur.

"Kejadian jam 11.00 WIB siang, itu sapi setelah saya guyang (mandikan) di sungai. Terus saya tuntun mau dibawa pulang tapi sampai sini (TKP), malah lari dan tercebur ke sumur," ucap Paikem kepada Tribunjogja.com, Selasa (7/5/2024).

Ia mengatakan sebelum tercebur ke sumur, anakan sapi itu sempat lepas tiga kali. Ia berhasil menangkap pedet itu secara pelan-pelan, sebelum akhirnya sapi berhasil kabur lagi dan masuk sumur.

"Saya kira tali kekangnya sudah kuat. Tapi ternyata tidak, jadi pas saya tuntun sampai sini (TKP), malah lari. Pas tercebur ke sumur, saya kan tidak kuat megang talinya, akhirnya saya lepaskan," katanya.

Baca juga: Aksi Damkar di Sleman: Evakuasi Buaya di Sungai Tepus hingga Ular Berbisa di Rumah Warga

Selanjutnya, Paikem meminta pertolongan warga dan memanggil pihak Satpol PP Damkar Kabupaten Klaten.

Komandan Regu 1 Damkar Kabupaten Klaten, Muhammad Abdul Wahid, menyebut mendapatkan laporan sapi tercebur sumur di Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, Klaten pada pukul 13.00 WIB.

Pihaknya pun bergegas datang ke TKP bersama dua unit mobil Damkar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat