androidvodic.com

Konsolidasi Tiga Pilar, Wali Kota Semarang Mbak Ita Pastikan Pemkot Siap Terlibat Jaga Kamtibmas - News

News - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan jika Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang siap terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). 

Hal itu disampaikan oleh perempuan yang akrab disapa Mbak Ita saat menghadiri Konsolidasi Tiga Pilar di Gedung Serba Guna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Kota Semarang, Rabu (15/5/2024).

Tiga pilar yang dimaksud dalam pertemuan ini yaitu TNI (Babinsa), Polri (Babinkamtibmas), dan Kelurahan (Pemerintah Daerah) yang nantinya menjadi ujung tombak menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

Dalam kesempatan itu, hadir juga Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng Brigjen Agus Suryonugroho dan jajaran Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng serta personel TNI-Polri. 

Adapun kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka pengamanan tahapan-tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Mbak Ita mengaku jika pihaknya akan siap mensupport kebutuhan penanganan-penanganan pengamanan. 

“Mendampingi bapak Kapolda bersama Forkopimda Kota Semarang bersama-sama bersilaturahmi mengenai tiga pilar Kota Semarang. Kita sama-sama support dan dukungan tiga pilar Kota Semarang termasuk dari sisi pengamanan Pilpres lalu dan nanti ke depan Pilkada serentak,” ujar Mbak Ita. 

Baca juga: Milenial hingga Pelaku UMKM Dorong Mbak Ita Maju Kembali di Pilwakot Semarang 2024

Konsolidasi ini juga diharapkan bisa mempererat hubungan agar pelayanan-pelayanan kepada masyarakat selalu prima. Ke depan, Mbak Ita menyebut jika akan selalu siap bekerja sama untuk memajukan Kota Semarang. 

“Kami matur suwun kepada bapak Kapolda yang selalu memberikan arahan untuk tiga pilar Kota Semarang,” terangnya. 

Sementara Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan, jika tiga pilar dikumpulkan dalam rangka persiapan Operasi Mantap Praja pengamanan Pemilu Pilkada 2024. Kegiatan ini dilakukan terpusat serentak sampai tingkat kota/kabupaten. 

Fokus yang dilakukan masing-masing setiap daerah harus mampu menyiapkan skema-skema pengamanan Pemilu Pilkada mendatang. Untuk di Polda Jateng sendiri sudah menyiapkan Sispamkota sampai SispamVVIP. 

“Terakhir konsolidasi paling bawah yaitu tiga pilar dalam mewujudkan keamanan di wilayah paling kecil. Kalau paling kecil kita amankan, saya yakin untuk wilayah kabupaten kota akan aman. Semua pasukan akan melakukan kegiatan, Kapolres, Dandim dan Bupati/Wali Kota akan mengamankan wilayah termasuk KPU,” ujar Luthfi. (*) 

Baca juga: Jelang Pilwalkot Semarang 2024, Mantan Bos PSIS Dukung Mbak Ita untuk Maju Lagi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat