androidvodic.com

Paspampres Iriana Curi Perhatian, Sigap Tembak Sinyal Drone Liar saat Karnaval di Solo - News

News, SOLO - Aksi Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang mengawal Ibu Negara Iriana curi perhatian warga Solo.

Momen tersebut terjadi saat Paspampres mendeteksi ada drone liar yang terbang di sekitar kawasan yang digunakan sebagai panggung utama parade karnaval.

Saat itu Iriana menghadiri acara parade karnaval kriya dan budaya dalam rangkaian acara HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 dan HUT HKG PKK ke-52 di Kota Solo, Kamis (16/5/2024).

Melihat adanya pergerakan drone yang bisa membahayakan sejumlah pejabat penting yang hadir dalam acara tersebut, dengan sigap seorang Paspampres langsung menembak sinyal drone agar tak terbang di sekitar kawasan.

Nampak seorang petugas langsung membidik ke arah drone tersebut dengan drone shooter dan tak butuh waktu lama drone pun terlihat perlahan turun dari atas angkasa.

Sebagai informasi, memang ada sejumlah ketentuan terkait dokumentasi bagi pejabat ring satu dalam sebuah acara yang dihadiri banyak orang.

Sementara itu, terkait drone yang diperbolehkan terbang atau mendokumentasikan acara memang yang telah mendapat izin dari protokoler.

Baca juga: Cerita Kocak Berburu Kaos dari Jokowi, Emak-emak Vs Bocah Rebutan Kaos, Gigi Bapak-bapak Copot

Melansir Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2018, penghentian pengoperasian dalam bentuk menjatuhkan pada area yang aman, termasuk dalam pengenaan sanksi, salah satunya disebabkan tidak memiliki persetujuan atau beroperasi tidak sesuai dengan persetujuan yang diberikan.

Jenis tersebut menyerang jalur komunikasi dan kendali drone lewat frekuensi.

Untuk menggunakannya relatif mudah dan tidak butuh pelatihan khusus, cukup membidik dan mengunci sasaran drone, kemudian gunner dapat menggiring drone hingga ke permukaan dan selanjutnya dapat diinvestigasi.

Perlu diketahui, tidak semua drone bisa langsung ditaklukan dengan perangkat tersebut, karena semakin besar drone maka power dan frekuensi yang dibutuhkan untuk melakukan jamming harus lebih besar.

Baca juga: Giliran Eks Ajudan Jokowi Maju Pilkada Boyolali dan Sekretaris Pribadi Iriana di Pilkada Bogor

Seperti diberitakan sebelumnya, parade karnaval kriya dan budaya sendiri diikuti oleh 102 mobil hias dari Dekranasda berbagai daerah di Indonesia dan ribuan anggota PKK dari Tanah Air.

Parade karnaval tersebut digelar di sepanjang jalan Slamet Riyadi dari simpang tiga Sriwedari sampai Balai Kota Solo mulai pukul 14.30 sampai 18.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Aksi Paspampres Iriana Jokowi 'Tembak' Drone Liar saat Karnaval HUT Dekranas & HKG PKK di Solo, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat