androidvodic.com

Tanamkan Budi Pekerti ke Siswa, Para Pengajar 14 Sekolah di Sumba Timur Dibekali Seminar 4 Pilar - News

Hasiolan EP/News

News, NUSA TENGGARA TIMUR - Para pengajar di 14 sekolah di Kecamatan Pandawai yang berlokasi di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur mengikuti seminar motivasi dan pembinaan Empat Pilar (Akademik, Karakter, Kecakapan Hidup, dan Seni Budaya), Senin (20/5/2024).

Seminar Motivasi yang dinisiasi Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) ini menghadirkan Asisten 1 Kabupaten Sumba Timur Dominggus Hina Kondanamu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sumba Timur Erwin Pasande beserta jajaran, Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim, dan para kepala sekolah, serta guru binaan.

“Kami berharap para kepala sekolah dan guru binaan Kabupaten Sumba Timur dapat mewujudkan cita-cita YPA-MDR untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga menghasilkan anak-anak bangsa yang cerdas,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim.

Seminar Motivasi ini dibawakan oleh Eko Cahyono Tjia selaku Trainer dan Pimpinan Umum Quantum Edukasindo Paradigma yang membina para kepala sekolah dan guru mengenai Pilar Karakter.

Tujuannya adalah membentuk nilai moral dan budi pekerti agar menghasilkan peserta didik yang berkarakter baik sesuai dengan ajaran leluhur Bangsa Indonesia.

Pada Pilar Karakter, YPA-MDR berpegang teguh pada prinsip Cermat, Dinamis, Antusias, dan Sinergis yang disingkat sebagai ‘CerDAS’ berperan sebagai landasan dasar bagi karakter para guru dan kepala sekolah binaan.

Cermat, bekerja dengan cerdas untuk mencapai hasil terbaik melalui solusi yang efektif dan efisien. Dinamis, kemampuan untuk beradaptasi pada kondisi apapun dengan menghasilkan kerja yang inovatif dan konsisten.

Antusias, memiliki tekad dan semangat positif untuk menuntaskan segala hal yang ditempuh. Sinergis, berkolaborasi sekaligus menghormati, membangun pengertian, menghargai, dan memercayai satu sama lain.

"Kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini karena dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas pendidikan khususnya di Kecamatan Pandawai. Kami berharap ilmu yang didapatkan dapat ditularkan ke sekolah-sekolah di kecamatan lain sehingga kualitas pendidikan di Sumba Timur dapat meningkat," ucap Asisten 1 Kabupaten Sumba Timur Dominggus Hina Kondanamu.

Baca juga: Pemkab Sumba Timur Teken MoU dengan YPA-MDR Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan 14 Sekolah

Saat pengujung acara, Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim menyerahkan sebanyak 35 unit laptop, khususnya 14 unit laptop dari YPA-MDR dan 21 unit laptop dari Corporate Informations System and Technology (CIST) Astra untuk diberikan kepada masing-masing kepala sekolah sebagai bentuk dukungan transformasi sistem pembelajaran yang digital dan interaktif sekaligus simbol kerja sama dengan pihak sekolah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat