androidvodic.com

Kunjungi Lokasi Bencana di Agam, Zulhas: Penanganan Sudah Optimal bagi Masyarakat - News

News - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) meninjau keadaan masyarakat yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (23/5/2024). 

Tak lama setelah di Bandara Internasional Minangkabau, Ia pun langsung bertolak menuju Agam. 

Bupati Agam Andri Warman pun menyambut langsung Zulhas dan mereka segera menuju  posko siaga bencana dan dapur umum yang didirikan DPW PAN di Agam. Sejumlah warga pun tampak menyambut kedatangan Zulhas.

Zulhas pun turut meninjau beberapa rumah dan bangunan fasilitas umum yang hancur terdampak banjir di Jorong Simpang Bukik, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam.

Di sana, pria yang merupakan Menteri Perdagangan RI itu juga beberapa kali menanyakan keadaan masyarakat yang terdampak banjir bandang baik ke Bupati Agam maupun langsung ke masyarakat yang Ia temui di lokasi posko dan lokasi pengungsian.

“Bapak ibu bagaimana keadaannya, bersama-sama kita kuat ya, bapak/ibu tidak sendiri," ujar Zulkifli Hasan dalam keterangan persnya.

Baca juga: Tinjau Lokasi Banjir Lahar Dingin Sumbar, Jokowi Pastikan Segera Bangun Jalan dan Jembatan Darurat

Kepada wartawan, Zulhas menyebut penanganan korban bencana di Agam dan Tanah Datar sudah sangat baik, pemerintah selama bencana  menurutnya sudah mengambil peran dalam penanganan korban terdampak.

"Pak Presiden sudah ke sini, Pak Prabowo juga, Menteri PUPR juga. Saya kira penanganan (bencana) sudah optimal, hanya saja perlu waktu saja," kata Zulhas. 

Untuk batuan bagi masyarakat yang terdampak bencana, Zulhas menyebut saat ini bantuan sudah  mencukupi untuk masyarakat yang masih berada di pengungsian.

"Bantuan dari Kemensos dan masyarakat yang lain terus mengalir, baik itu dalam bentuk makanan dan bantuan lainya. Saya rasa sudah hampir dilaksanakan dengan baik. Jadi penanganan sudah optimal bagi masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Bus Study Tour di Lampung Alami Kecelakaan, Penyebab Diungkap Polisi hingga Imbauan dari Disdikbud

Dalam bantuan penanganan dampak bencana banjir bandang di Agam, Zulhas memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 100 juta dan 40 truk yang berisi sembako beserta keperluan pribadi bagi pengungsi. Bantuan Ketum PAN itu diterima secara simbolis oleh Bupati Agam untuk langsung di distribusikan kepada warga yang terdampak bencana.

“PAN Peduli hari ini memberikan sedikit uang dan 40 Truk berisi sembako serta kebutuhan para pengungsi seperti selimut dan obat. Semoga bisa meringankan beban para korban yang terdampak,” ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat