androidvodic.com

Gibran Minta Insan Pers Ikut Cerdaskan Pembaca, Wali Kota Solo Singgung Pilar Keempat Demokrasi - News

News - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming  Raka mengajak insan pers ikut mencerdaskan dan menambah wawasan para pembaca melalui informasi yang benar saat menyampaikan sambutannya dalam acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2024).

Sambutan tertulis tersebut disampaikan Gibran melalui Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Surakarta Drs. Hery Mulyono., M.M.

"Pers harus mampu mencerdaskan dan menambah wawasan para pembaca. Pers juga dihadapkan mengelola kearifan lokal yang sudah ada di masyarakat," ujar Hery Mulyono membacakan sambutan Gibran, Jumat.

Dalam sambutan tertulisnya Gibran turut menyinggung bahwa negara tanpa pers akan berimbas pada kekacauan dalam pemerintah.

Namun, sebaliknya apabila pers bersikap tanpa kendali, itu juga dapat merusak tatanan masyarakat.

"Apabila pers bersikap berlebihan tanpa kendali, maka dapat merusak tatanan masyarakat," lanjutnya.

UKW Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Solo
Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Solo digelar di Hotel Alila, Solo Jawa, Tengah pada Jumat (24/5/2024).

Wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 tersebut berharap pers berpegang teguh pada prinsipnya.

Pers diharapkan bisa menjadi pilar keempat demokrasi di Indonesia.

"Pers diharapkan turut ikut aktif menyampaikan informasi yang faktual kepada masyarakat. Kita semua adalah satuan komunitas yang saling bersinergi. Pers harus kuat dan mampu menjadi salah satu pilar demokrasi di negeri ini," kata  Gibran dalam pernyataannya.

Gibran pun menyambut baik adanya uji kompetensi wartawan yang digelar oleh PWI Surakarta bersama BUMN.

Diketahui uji kompetensi wartawan PWI Surakarta digelar selama dua hari, 24—25 Mei 2024.

Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah mengatakan UKW tersebut sebagai salah satu penggenapan janji Ketua Umum PWI Pusat, Henry CH Bangun.

UKW PWI Surakarta menjadi bagian dari UKW ke-17.

“Hari ini saya bahagia karena program UKW PWI pusat adalah janji politik dari Ketua Umum Henry C.H, Bangun. Ketua umum berjanji akan menyelenggarakan uji kompetensi di seluruh PWI cabang,”

“Hari ini Solo bagian dari uji kompetensi yang ke 17. Masih banyak PR kami untuk mewujudkan janji dari ketua umum,” kata dia dalam sambutannya.

Ia pun meminta dukungan agar UKW bisa terlaksana di 38 provinsi Indonesia.

(Tribunews.com/saradita)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat