androidvodic.com

4 Pipa PDAM di Tasikmalaya Putus akibat Longsor, Lebih dari 30 Ribu Pelanggan Tak Dapat Suplai Air - News

Laporan Jurnalis TribunPriangan.com, Aldi M Perdana

News, TASIKMALAYA - Bencana tanah longsor dari tebing setinggi puluhan meter menyebabkan putusnya 4 pipa transmisi berdiameter 300 milimeter milik PDAM Tirta Sukapura, Sabtu (25/5/2024) malam.

Akibatnya sekitar lebih dari 30 ribu pelanggan PDAM Tirta Sukapura se-Tasikmalaya belum bisa dialiri air untuk beberapa hari ke depan.

Pipa tersebut tergerus dan tertimpa pohon, bahkan sebagiannya terbawa arus Sungai Ciwulan yang berada di bawah longsoran tebing.

Humas PDAM Tirta Sukapura, Iri Sopyan Sauri mengatakan, 4 pipa yang terputus longsor merupakan pipa-pipa yang mengairi 2 wilayah.

Baca juga: Bebatuan Besar di Lokasi Longsor akan Dipecah Gunakan Dinamit, Masyarakat Diminta Jangan Panik

"Kejadiannya tadi malam saat hujan besar. Diduga akibat tebing tidak kuat menahan air hujan sehingga longsor menimpa 4 pipa PDAM. Pipa ini mengairi wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya," ujar Iri Sopyan Sauri, Minggu (26/5/2024).

Iri mengatakan, sekira 30 ribu pelanggan air PDAM Tirta Sukapura untuk sementara belum bisa tersuplai air bersih.

"Target perbaikan pipa ini secepatnya selesai, sehari atau dua hari sudah normal kembali, karena kami melihat lokasi longsor ini yang rawan, kalau hujan turun, kami hentikan dulu proses perbaikannya," jelas dia.

"Sementara ini, akibat pipa-pipa ini rusak, memang tidak ada alternatif lain, karena suplai air bersih dari pipa yang rusak tersebut," pungkasnya.

Wilayah yang terdampak yakni, Singaparna, Mangunreja, Sariwangi, Tasikmalaya Barat, Tasikmalaya Timur, Cibeureum, Kawalu, Manonjaya, dan Tamansari.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tanah Longsor Putus 4 Pipa UTAM PDAM di Tasikmalaya hingga Rusak, 30 Ribu Pelanggan Tak Dapat Air

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat