androidvodic.com

Pj Gubernur Kaltim Perjuangkan Berau Jadi Destinasi Wisata Unggulan - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto

News, BERAU - Selain memiliki sumber daya alam (batu bara) yang melimpah, pertanian dan perkebunan yang subur, Kabupaten Berau yang berada di ujung utara Provinsi Kaltim itu juga menyimpan potensi pariwisata yang sangat menawan.

Setelah menyaksikan langsung sejumlah destinasi wisata di Kecamatan Biduk-Biduk, Pj Gubernur Akmal Malik menilai potensi pariwisata Kabupaten Berau ternyata sangat luar biasa.

"Beberapa destinasi wisata memiliki potensi besar karena selain lokasinya yang bagus, pemandangan menawan, serta alam dan hutan yang sejuk. Transportasi menuju destinasi wisata juga sudah cukup memadai," kata Akmal Malik di VIP Bandara Kalimarau Berau saat menutup lawatannya ke kawasan utara seperti dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/5/2024).

Akmal mengatakan, melihat kondisi ini, Berau akan diperjuangkan menjadi kabupaten destinasi pariwisata unggulan di Kaltim.

Destinasi wisata pertama yang dikunjungi Pj Gubernur Akmal Malik adalah keindahan laut Teluk Sumbang di Kampung Teluk Sumbang.

Menggunakan paddling, Pj Gubernur Akmal Malik mengitari Teluk Sumbang yang terhubung langsung dengan Selat Makassar itu.

"Saya tadi main paddling sambil melihat terumbu karang yang ada di sepanjang pesisir Teluk Sumbang ini," kata Akmal.

Ia melihat di beberapa titik ada terumbu karang yang rusak karena bom ikan.

Menurutnya ini tidak boleh terjadi lagi di laut Kaltim, termasuk juga di Teluk Sumbang.

"Di beberapa titik saya lihat bekas bom ikan. Saya lihat karangnya baru tumbuh. Ini tugas kita untuk menjaga konservasi laut," tegas Akmal.

"Ini tempat bagus, sekali lagi tolong dijaga. Jangan gunakan bom ikan lagi. Pariwisata kita punya potensi yang sangat luar biasa," pesan Akmal.

Untuk promosi wisata di kawasan Teluk Sumbang, kepada pemilik Lamin Guntur Camping and Playground, Ronald Lolang, Pj Gubernur Akmal Malik menyarankan untuk digelar ajang wisata berskala nasional, bahkan internasional.

Ajang wisata yang disarankan Akmal adalah forest run atau lomba lari menyisir hutan Teluk Sumbang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat