androidvodic.com

Klarifikasi Balai besar TNGGP soal Video 2 Macan Tutul yang Terekam Kamera - News

News - Dua ekor macan tutul terekam dalam sebuah video di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Video tersebut pun beredar di media sosial hingga pesan singkat di WhatsApp.

Ternyata, video tersebut bukan video baru, melainkan rekaman 10 tahun yang lalu yang diunggah kembali ke akun Instagram resmi Balai Besar TNGGP, Sabtu (25/5/2024) lalu.

Hal tersebut diakui Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji Prabowo.

"Kami mengakui ini merupakan kesalahan saya, tidak mengecek lagi. Karena pada saat itu saya sedang berada di luar kota, dan tim medos upload video tersebut. Saya sebagai atasan atau pimpinan mohon maaf," katanya pada wartawan, Kamis (30/5/2024).

Menurutnya, rekaman video tersebut diunggah kembali bukan bermaksud untuk membuat kebohongan publik atau hoak. Namun rekaman itu diunggah hanya sebagai ilustrasi bahwa keberadaan macan tutul masih ada di TNGGP.

"Kita memiliki banyak video rekaman macan tutul, namun yang dipilih malah video lama, jadi itu murni kesalahan, karena itu saya mohon maaf." katanya.

Selain itu Sapto memastikan, keberadaan macan tutul di kawasa TNGGP masih ada dan terjaga. Bahkan sempat terekam kamera telepon genggam petugas saat berpatroli pada Senin (15/4/2024).

"Saat itu petugas sedang patroli dan mendapatan macan tutul yang tengah betengger di pepohonan. Adanya kejadian ini tentu akan menjadi pembelajaran untuk memberikan informasi pada masyarakat kedepanya," katanya.

Dua ekor macan tutul atau Panthera pardus di Kawasan Tanam Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) terekam kamera pengawas.

Kepala Balai TNGGP Sapto Aji Prabowo membenarkan dua ekor macan tutul yang tengah melakukan aktivitas terekam kamera pengawas yang terpasang di kawasan Gunung Gede Pangrango.

Baca juga: Akui Lemah di Data, KLHK Akan Survei Populasi Macan Tutul di Seluruh Pulau Jawa

"Dua ekor macan tutul tersebut diperkirakan masih satu keluarga, terdiri dari satu dewasa dan satu remaja," ucapnya saat dkonfirmasi melalui sambungan telepon.

Diwartakan sebelumnya, dua ekor macan tutul atau Panthera pardus di Kawasan Tanam Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) terekam kamera pengawas.

Kepala Balai TNGGP Sapto Aji Prabowo membenarkan dua ekor macan tutul yang tengah melakukan aktivitas terekam kamera pengawas yang terpasang di kawasan Gunung Gede Pangrango.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat