androidvodic.com

Pesan Megawati ke Pemuda di Hari Lahir Pancasila: Perhebat Energi Gotong Royong Demi Kemajuan Bangsa - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, KABUPATEN ENDE - Presiden Kelima RI yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh lapisan masyarakat terus menggelorakan semangat Pancasila dalam setiap sendi-sendi kehidupan.

Sebab, Megawati meyakini bahwa Pancasila tidak akan pernah kehilangan relevansinya di dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.

Hal itu disampaikan Megawati melalui amanatnya yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6/2024). 

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Jokowi Paparkan Peran Indonesia dalam Peta Perpolitikan Dunia

“Pancasila tetap menjadi landasan kokoh dan visi Indonesia bagi dunia. Karena itulah pesan saya dari bumi Ende ini, jangan pernah berhenti membumikan Pancasila,” kata Megawati.

Megawati pun mengingatkan, bahwa jalan Trisakti sudah disediakan oleh Presiden Pertama RI Ir Soekarno, agar Indonesia bisa berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. 

“Bangunlah rasa percaya diri sebagai bangsa pelopor, bukan bangsa yang mudah silau oleh kemajuan bangsa lain,” tegasnya.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) ini juga memberinpesan kepada seluruh pemuda Indonesia, agar terus berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memperkuat riset dan inovasi. 

Tak hanya itu, Megawati meminta para pemuda Indonesia terus memperhebat energi gotong royong. Sebab Alam Indonesia ini sangat indah. 

“Darat dan lautnya menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Sedangkan ruang udaranya, menjadi nafas bagi kehidupan umat manusia karena hutan-hutannya yang harus kita jaga kelestariannya. Gunakan seluruh alam Indonesia yang begitu kaya untuk kemajuan bangsamu. Jayalah Indonesiaku, Indonesia Raya yang sebenar-benarnya, dan Indonesia yang ber-Pancasila,” tutup Megawati.

Dalam upacara itu, Pasangan Capres dan Cawapres pada Pilpres 2024, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md terlihat hadir di lokasi.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila 2024: Sejarah, Tema, dan Makna Logo

Lalu, hadir pula Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan, Komarudin Watubun dan Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Andreas Pareira serta jajaran PDIP.

Penjabat (Pj) Gubernur NTT Ayodhya G.L Kalake memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai Inspektur Upacara.

Sedangkan, Komandan Upacara dipimpin oleh Kompol Ahmad yang juga Wakapolres Ende. Pembaca naskah Pancasila, Ketua DPRD NTT Emelia Julia Nomleni.

Unsur TNI-Polri juga terlihat mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat