androidvodic.com

Dukung Pemerintah Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca, AMAN Tanam 10 Ribu Pohon Mangrove - News

News, JAKARTA - Anak Muda Amankan Nusantara (AMAN) menanam 10 ribu pohon mangrove di sejumlah wilayah pada 2024 sebagai upaya mendukung langkah pemerintah menurunkan emisi gas rumah kaca.

Ketua Umum AMAN James Karnadi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan startup penghitungan karbon, Carbon Circle, menghitung emisi karbon yang telah digunakan selama operasional dan acara kampanye.

Berdasarkan perhitungan, diperkirakan emisi sekitar 17.693 ton CO2e.

“Hasil audit sementara kegiatan organisasi kami selama kegiatan pemilu kami, yang telah diaudit sementara bersama carbon circle, sekitar 17.693 ton CO2 equivalent. Dan kami melakukan offset dengan komitmen kami menanam 10.000 pohon mangrove di tahun 2024 ini, berjenis Rhizopora yang memiliki banyak keunggulan ekologis, ekonomi dan etnobotani," kata James Karnadi dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Dorong Komitmen Keberlanjutan dengan Menanam 1.000 Pohon Mangrove di Pulau Pramuka

James berharap organisasi AMAN akan menjadi inspirasi dan teladan bagi organisasi lainnya agar segera melakukan carbon accounting terhadap segala kegiatan selama ini, dan melakukan upaya offset terhadap jejak karbon.

"Tentunya upaya ini kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam penurunan emisi gas rumah kaca sebagai komitmen kita semua untuk NDC Indonesia 2030," kata dia.

Ketua Dewan Pembina AMAN, Feiral Rizky Batubara mengajak semua elemen masyarat, elemen organisasi serta elemen korporasi segera berperan aktif dalam komitmen NDC Indonesia 2030.

“Langkah ini merupakan bagian dari komitmen AMAN untuk mendukung kepentingan nasional dalam menjaga sumber daya dan aset alam, serta mendukung upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim untuk masa depan Indonesia,” kata Sekretaris Jendral AMAN, Andrew Bill Nathaniel.

AMAN adalah sebuah organisasi yang didirikan menampung aspirasi anak-anak muda, khususnya Diaspora dan Purna Diaspora. AMAN hari ini mengumumkan komitmennya menjadi relawan Prabowo-Gibran yang Net Zero pertama.

AMAN bergerak sebagai rumah aspirasi bagi anak muda yang memiliki visi dalam berbagai sektor melalui visi dan misi paslon 02, Prabowo-Gibran, terutama di bidang Diaspora, Ketahanan Energi, Ramah Lingkungan, dan Ketahanan Pangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat