androidvodic.com

Sasar ASN, Bimtek Pranata Humas Digelar di Yogyakarta - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik menggelar Bimbingan Teknis Kiat Lulus Uji Kompetensi Strategi Komunikasi Kehumasan Pemerintah yang dilaksanakan secara daring dan luring di Yogyakarta Tugu, Rabu (11/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan persiapan bagi calon peserta uji kompetensi, terutama bagi Pranata Humas dan calon Pranata Humas serta dihadiri secara langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho.

Dalam sambutannya Hari Edi menekankan pentingnya komunikasi publik dalam mewujudkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan negara.

”Pegawai pemerintah perlu dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola berbagai situasi ini dengan baik, sehingga reputasi pemerintah tetap terjaga dan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah dapat dipertahankan," ujarnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Dr. Hasyim Gautama.

Dia mengatakan, saat ini telah ada perubahan regulasi terkait jabatan fungsional di bidang komunikasi dan informatika.

Baca juga: Mandiri Digipreneur Hub Perkuat Digitalisasi dan Pengelolaan Keuangan UMKM

”Sejak Oktober 2023 lalu, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya telah secara resmi dicabut dan digantikan dengan ditetapkannya Peraturan Menteri PANRB Nomor 17 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional di Bidang Komunikasi dan Informatika," beber Hari Edi.

Bimtek ini menghadirkan narasumber Ibu Asriani Sri Wahyuni, Ketua Tim Pembinaan Kompetensi Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik yang menyampaikan paparan tentang mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan uji kompetensi Pranata Humas.

Hadir juga praktisi dan akademisi di bidang ilmu Komunikasi, Dr Rulli Nasrullah yang menyampaikan tentang strategi komunikasi kehumasan pemerintah dan Pandu Satria Jati, Pranata Humas Madya Kementerian ESDM yang menyampaikan tips dan trik dalam mengikuti uji kompetensi Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat