androidvodic.com

Kata Bey Machmudin soal Sungai Citarum yang Mirip Lautan Sampah - News

News - Sungai Citarum di Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) beberapa waktu lalu disorot lantaran banyak sampah.

Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin pun menjelaskan alasan kenapa Sungai Citarum dikotori ratusan ton sampah.

Sampah yang mendominasi sungai tersebut yakni sampah plastik.

Sampah yang didominasi plastik itu mengambang di permukaan Sungai Citarum dengan panjang sekitar 3 kilometer dan lebar 60 meter, sedangkan untuk tonase diperkirakan mencapai 100 hingga 200 ton.

Bey menilai sampah tersebut merupakan kiriman dari wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi karena terbawa banjir saat turun hujan deras, lalu tertahan di Sungai Citarum akibat sedimentasi.

"Biasanya kalau aliran lancar, sampah tertahan diujung. Cuma karena ini meninggi dan ada sedimentasi jadi tertahan di sini," ujarnya saat meninjau aliran Sungai Citarum di Bandung Barat, Rabu (12/6/2024).

Selain itu pihaknya juga menyoroti perilaku buruk dari masyarakat yang membuang sampah sembarangan ke sungai meskipun masing-masing daerah sudah memiliki aturan yang berisi sanksi bagi yang membuang sampah sembarangan.

"Sampah ini bagaimana kedisiplinan warga, kami mohon masyarakat jangan buang sampah sembarangan, buang pada tempatnya. Masyarakat sudah ada aturannya, tapi harus ada buktinya, kalau seperti ini bagaimana menindaknya," kata Bey.

Di sisi lain, pihaknya bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk menjaga kebersihan Sungai Citarum melalui program Citarum Harum yang masih berjalan.

"Koordinasi sudah jalan, enggak perlu rapat-rapat lagi. Kita ingin Citarum Harum tetap seperti ini dan program ini direplikasi ke sungai yang lainnya," ucapnya.

Bey mengatakan, Pemprov Jabar menargetkan indeks kualitas air di Sungai Citarum bisa mencapai 60 persen pada tahun 2025, sehingga pihaknya mengajak semua masyarakat untuk tak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Baca juga: Manfaatkan TikTok, Aksi Bersih-bersih Sampah Pandawara Group Jadi Insiprasi

"Target kualitas air kita terus berusaha dan upayakan, jadi masyarakat juga harus bantu jangan buang sampah sembarangan," ujar Bey.

Sungai Citarum Disorot

Aliran Sungai Citarum di Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), jadi lautan sampah. Kondisinya tampak memprihatinkan dan tak enak dipandang.

Lautan sampah tersebut menumpuk di permukaan, tepatnya di bawah Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar dan terlihat memenuhi badan sungai serta membentang cukup panjang karena terbawa aliran air.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat