androidvodic.com

Pantau Kondisi Sungai Citarum, Sekda Provinsi Jabar Berikan Komentar soal Kebersihan Sungai - News

News - Herman Suryatman selaku Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, tinjau kondisi Sungai Citarum di Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Desa Selacau, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (18/6/2024).

Selain melakukan peninjauan soal kebersihan sungai dari sampai, ia juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk memantau sungai.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kebersihan sungai dalam radius 500 meter.

"Insyaallah, kita ikhtiarkan. Ini sudah didiskusikan strateginya. Dibutuhkan waktu tambahan tuntas sekitar bulan Juli, bisa clear 1,5 bulan waktunya," ungkap Herman.

"Jadi radius 500 meter ke arah barat dan timur kita upayakan akan clear dan satu bulan setengah kita dorong radius lebih dari itu," imbuhnya.

Herman menjelaskan, pembersihan Sungai Citarum di bawah Jembatan BBS jenis sampahnya tidak melulu sampah baru, melainkan ada pula sampah yang sudah lama terpendam di dasar sungai.

Maka dari itu memerlukan waktu satu bulan untuk mengangkat sampah tersebut.

"Kita tangani sarana prasarana yang ada agar satu minggu ini bersih di area 500 meter ke barat dan timur," ucap Herman.

Tak hanya itu, Pemdaprov Jabar bersama BBWS Citarum akan memasang jaring di hulu Sungai Citarum untuk memfilter sampah.

"Termasuk kita akan pasang jaring di hulu sehingga sampah baru bisa kita filter tidak masuk ke arah hilir. Kuncinya kolaborasi semua pihak untuk Citarum Harum, makanya kita undang kabupaten/kota di Cekungan Bandung," kata Herman.

Upaya Pemerintah Bersihkan Sampah di Citarum Bandung

Upaya dari pemerintah untuk membersihkan sampah selama tujuh hari di Sungai Citarum, Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) melenceng dari target.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menargetkan pembersihan Sungai Citarum dari sampah itu selama 7 hari, tetapi hingga kini masih belum bersih karena masih ada sampah yang mengambang di bawah Jembatan BBS.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Herman Suryatman mengatakan, Pj Gubernur Jabar memang meminta sampah di Sungai Citarum sekitar Jembatan BBS ini harus clear dalam waktu satu pekan dan pihaknya sudah ikhtiar.

"Kita sudah ikhtiarkan, dan didiskusikan strateginya seperti apa untuk pembersihan jangka pendek sekitar seminggu itu, tapi ini belum tuntas," ujarnya saat meninjau Sungai Citarum, KBB, Selasa (18/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat