androidvodic.com

Kebakaran di Kawasan Gunung Bromo, Api Merambat hingga ke Probolinggo - News

News - Kebakaran lahan di Gunung Batok di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur kini meluas.

Diketahui, Gunung Batok diketahui mulai terbakar sejak Sabtu (22/6/2024) sekira pukul 10.00 WIB yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Bromo.

Kini api mulai merambat masuk ke wilayan Probolinggo atau ke timur.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Moh Zaibaiduloh.

"Sudah mulai masuk wilayah kami, (wilayah Probolinggo). Sudah di perbatasan kayaknya," kata Zubaiduloh, dikutip dari TribunJatim.com.

Ia mengatakn, untuk mengatasi meluasnya api, tim dari BPBD Kabupaten Probolinggo sudah mengirimkan tim TRC ke lokasi untuk memantau serta memadamkan api supaya tak meluas.

"Api masih terus menjalar. Jadi kami di sini membuat sekat pemutus biar api tidak menjalar ke sisi wilayah timur," ujar Zubaiduloh.

Zubaiduloh menuturkan, tim TRC memadamkan api dengan cara manual, yakni dengan gepyok dan sabit atau parang.

"Hingga saat ini kebakaran masih berlangsung. Semoga bisa kami atasi dengan cepat sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan bersama," pungkasnya.

Diwartakan sebelumnya, kebakaran lahan di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali terjadi.

Kebakaran kini melanda Kawasan Gunung Batok yang berlokasi di dekat Gunung Bromo.

Baca juga: Kebakaran Kawasan Bromo Meluas hingga Gunung Batok, Api Membesar karena Angin

Kabat TU Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardani mengatakan, api di Gunung Batok pertama kali munci sekitar pukul 03.30 WIB dan berhasil pada sekira pukul 05.00 WIB, Sabtu (22/6/2024).

“Kemudian dilakukan pendinginan kurang lebih sampai Pukul 07.00 WIB. Personel yang terlibat antara lain Resort TLP, RGP, MPA dan MMP,"

"Api kembali muncul di titik yang sama pukul 08.00 WIB, dan 15 menit kemudian berhasil dipadamkan,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada media, Sabtu (22/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat