androidvodic.com

Dugaan Penyebab Kebakaran Truk Tangki di Tol Ngawi Diungkap Polisi - News

News - Inilah kabar terbaru soal kebakaran truk tanki yang angkut bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di Tol Madiun-Ngawi, KM 580 Jalur B, Selasa (25/6/2024) malam.

Pihak kepolisian pun membeberkan hasil penyelidikan soal penyebab kebakaran truk yang mengangkut 16 ribu liter BBM ini.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kebakaran truk ini.

Sopir truk berinisial SP (43) pun selamat.

Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim AKBP Imet Chaerudin menerangkan, insiden tersebut bermula saat truk melakukan perjalanan dari arah Timur kawasan Madiun menuju Barat dengan tujuan Rest Area 575 Jalur A.

Setibanya di KM 580 Jalur B, bagian kampas rem roda truk muncul percikan api yang kemudian berubah menjadi kobaran api.

Kemudian, kobaran api itu merambat mengenai bagian tangki berisi muatan BBM pertalite, lalu terbakar.

"Saat melintas di TKP KM 580 Jalur B ruas Tol Madiun-Ngawi kampas rem kendaraan terdapat percikan api dan merembet ke bagian lainnya, bodi kendaraan, sehingga terjadi kebakaran," ujarnya saat dihubungi, Rabu (26/6/2024).

Berdasarkan hasil olah TKP dan menggali keterangan para saksi. Imet menduga, kebakaran truk dipicu karena adanya percikan dari bekas pengereman pada kampas rem salah satu roda truk.

Kendati demikian, penyelidikan lanjutan untuk menguak penyebab pasti kejadian kebakaran tersebut, akan dilakukan oleh Anggota Unit Laka Satlantas Polres Ngawi.

"Kebakaran terjadi karena ada percikan api pada kampas rem sehingga menjalar ke bodi dan mengakibatkan kebakaran," pungkasnya.

Baca juga: Truk Tanki Pertamina Terbakar di Bandar Lampung, Warga Dengar Ledakan Berkali-kali

Popir truk tangki BBM, Sugeng Priyatno mengungkapkan, sumber api kemungkinan berasal dari kampas rem yang terbakar pada roda belakang sisi kiri truk.

Saat melihat adanya percikan api dari kaca spion truknya, ia berusaha menepikan truk ke bahu jalan.

Lalu ia turun untuk memadamkan percikan api yang mulai berubah menjadi kobaran api, menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Baca juga: Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar Hebat di Tol Ngawi, Begini Nasib 2 Kru Truk Tersebut

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat