androidvodic.com

5 Oknum Porter Handling yang Bobol Koper Penumpang Ditangkap Polresta Bandara Soekarno-Hatta - News

News, TANGERANG- Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengamankan 5 orang petugas porter handling usai membobol koper milik salah satu penumpang, JS di Bandara Sultan Hasanudin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Lima orang oknum petugas porter handling berinisial AS (26), H (28), D (34), A (24) dan T (22).

Kasat Reskrim Polresta Bandara Soetta, Kompol Reza Fahlevi mengungkap modus 5 pelaku dalam melakukan aksinya.

Baca juga: Barong Warga Rancabungur Bogor Dicari Polisi, Bobol dan Bongkar Rumah Orangtua bahkan Atap Hilang

Reza mengatakan, para pelaku yang merupakan petugas porter handling, membobol tas di compartemen pesawat.

"Jadi kejadian ini terjadi di dalam lambung compartment pesawat di mana di situ adalah area terbatas yang memang hanya personel tertentu yang memilki akses," kata dia kepada wartawan, Jumat (28/6/2024).

Adapun alat yang digunakan pelaku, yakni sebuah pecahan koper yang berbentuk pipih, untuk membobol resleting koper korban.

Setelah berhasil membuka koper, pelaku kemudian mengambil beberapa barang yang memilki nilai ekonomis.

"Alat yang digunakan oleh para pelaku antara lain, pecahan koper yang ditemukan pelaku di dalam lambung compartemen. Jadi pecahan koper ini dalam maksud benda pipih yang keras, yang digunakan pelaku untuk mendodos reseleting koper milik penumpang," kata Reza.

 "Kemudian setelah berhasil terbuka, pelaku mencoba meraih benda yang ada di dalam koper untuk dikeluarkan. di situ terjadi penyortiran, mana barang barang yang memilki nilai ekonomis, yang mudah dibawa untuk selanjutnya diberikan ke komplotan lainnya," tambahnya.

Dari aksinya tersebut, para pelaku berhasil membawa kabur 2 cincin berlian dan 1 cincin emas putih, kemudian 5 lembar uang asing pecahan 100 US Dollar dan Singapore Dollar.

"AS menemukan 5 lembar pecahan asing pecahan 100 US dollar dan 100 Dollar Singapura untuk diambil dan dimasukkan ke dalam kantong celana AS. Dalam pembobolan tas, tersangka AS menemukan kotak perhiasaan yang isinya 3 cincin," jelas Reza.

Baca juga: Koper Penumpang di Bandara Soetta Dibobol Komplotan Porter, Cincin hingga Uang Dolar AS Raib

Di samping itu, Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Ronald Sipayung mengatakan, peristiwa pembobolan koper itu terjadi di compartemen pesawat Lion Air JT 703 rute Makassar-Jakarta, yang terparkir di Bandara Sultan Hasanudin, pada Minggu (26/5/2024) sekira pukul 22.40 WIB.

Ronald menjelaskan, peristiwa tersebut bermula ketika maskapai Lion Air yang akan ditumpangi korban mengalami keterlambatan.

"Ini terjadi di dalam posisi jadwal keberangkatan pesawat saat mengalami penundaan jadwal keberangkatan pesawat selama 2 jam,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (28/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat