androidvodic.com

Komet Neowise Dapat Diamati di Indonesia dengan Mata Telanjang, Ini Waktu Untuk Menyaksikannya - News

News - Komet Neowise dilaporkan akan berada di titik terdekat ke Bumi pada 23 Juli mendatang dan dapat dilihat di Indonesia.

Komet Neowise (Near Earth Object Wide-Infrared Survey Explorer) ini sebelumnya memang sudah terlihat beberapa kali di awal bulan Juli ini.

Dikutip dari space.com, komet Neowise ini sebelumnya tiba di perihelion atau titik terdekat dengan Matahari pada 3 Juli 2020.

Jarak terdekat itu sekitar 44,7 juta mil (44,5 juta km) dari matahari atau sekitar 13 juta km lebih dekat dari jarak Merkirius ke Matahari.

Setelah berjalan mendekati matahari, Neowise kembali berjalan menuju angkasa dan akan berada pada titik terdekat dengan bumi pada 23 Juli 2020.

Sebelumnya, Neowise ini hanya dapat diamati di wilayah timur laut pada awal bulan Juli pada waktu fajar.

Namun kini di wilayah Indonesia pun akan dapat mengamati komet tersebut mulai tanggal 19 hingga 25 Juli 2020 dengan mata telanjang.

Waktu untuk mengamatinya pun berbeda dengan penampakan yang terjadi di wilayah timur laut pada awal bulan Juli lalu.

Pada 19-25 Juli, komet Neowise mampu dilihat di berbagai wilayah di Indonesia setelah matahari terbenam, yakni sekitar pukul 18.30 hingga 20.00 WIB.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melaporkan, waktu terbaik untuk mengamati Neowise yakni pada 23 Juli 2020 yang mana pada saat itu mencapai titik terdekat dari Bumi pada pukul 09.41.30 WIB dengan jarak 103,5 juta km.

Baca: Wisata Luar Angkasa dengan Balon Udara Hadir Tahun Depan, Harga Tiketnya Capai Rp 1,8 Miliar

Baca: Komet Neowise Bisa Terlihat Saat Senja, Melintasi Bumi dan Akan Menghilang Selama 6.800 Tahun

Waktu Terbaik Melihat di Indonesia

Komet Neowise memang dapat dilihat dengan mata telanjang, namun demikian di daerah yang memiliki polusi cahaya tinggi komet akan semakin sulit dilihat.

Berikut ini waktu terbaik untuk mengamati komet Neowise di Indonesia, seperti dilansir Lapan.go.id.

Untuk daerah DKI Jakarta dan sekitarnya pada 23 Juli waktu kenampakan komet ini pada pukul 18.52-19.40 dengan azimuth 318° – 314,9° (Barat Laut).

Terkini Lainnya

  • Komet Neowise dilaporkan akan berada di titik terdekat ke Bumi pada 23 Juli mendatang dan dapat dilihat di Indonesia dengan mata Telanjang.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat