androidvodic.com

Aroma Khas Vagina Menjelaskan Kesehatan Wanita, Mau Tahu Mana yang Sehat? - News

News -- Vagina memiliki bau yang khas dikarenakan adanya mikroflora atau bakteri baik yang berfungsi menjaga keasaman pada area intim wanita.

Namun, beberapa kondisi membuat organ kewanitaan ini bisa berbau tidak sedap bahkan menganggu aktivitas sehari-hari.

Dijelaskan dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, dr Eyleny Meisyah Fitri, Sp.KK, ada tiga jenis bau vagina yang harus Anda ketahui, yakni amis, busuk dan agak asam. Dia secara khusus menyoroti bau amis pada vagina.

Pasalnya, vagina bisa berbau sangat amis bisa mengindikasikan adanya penyakit bakterial vaginosis atau terganggunya keseimbangan mikroflora pada vagina.

Ketika terinfeksi penyakit ini, vagina bisa mengeluarkan bau amis menyengat yang bahkan dapat tercium oleh orang-orang di sekitar.

Baca juga: Catat! Berikut Cara Tepat Merawat Vagina di Saat Usiamu 50-an

"Jadi baunya cukup mengganggu, dan biasanya kalau bakterial vaginosis ini, pada saat berhubungan intim, setelahnya (berhubungan intin) baunya (vagina) lebih amis lagi," beber dr Eyleny dalam webinar, Selasa (8/2/2022).

Meski demikian, dokter tidak akan serta merta mendiagnosis bakterial vaginosis hanya dari bau saja.

Eyleny menjelaskan bahwa dokter juga akan memeriksa pH untuk mengetahui penyebab pasti dari bau amis pada vagina.

Vagina yang sehat Lantas, seperti apa bau vagina yang sehat? Eyleny mengatakan, secara umum (kalau vagina) ada bau tapi enggak ada keluhan di tubuh, biasanya baik-baik aja.

Artinya aman.

"Tapi kalau ada keputihan, ada baunya yang tidak nyaman tentunya ada suatu kondisi yang perlu diperhatikan, (dan) disarankan datang ke dokter," sambung dia.

Tanda-tanda vagina sehat meliputi:

*Tidak mengalami keputihan berlebihan

*Tidak ada tonjolan seperti kutil kelamin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat