androidvodic.com

Regulator AS dan Kanada Selidiki Kaitan antara Hepatitis dengan Strawberry - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, OTTAWA - Regulator Amerika Serikat (AS) dan Kanada sedang menyelidiki wabah Hepatitis yang mungkin terkait dengan buah strawberry organik segar dan strawberry merek H-E-B.

Produk strawberry itu disebut dibeli antara 5 Maret hingga 25 April lalu dan dijual di berbagai pengecer AS, termasuk Aldi, Kroger, Safeway, Walmart dan Trader Joe's.

Sedangkan di Kanada, strawberry yang terkena dampak dijual antara 5 hingga 9 Maret lalu di toko Co-op di Alberta dan Saskatchewan.

Dikutip dari ctvnews.ca, Rabu (1/6/2022), buah strawberry yang berpotensi terkena dampak ini diketahui telah melewati masa simpannya.

Para pejabat kesehatan meminta konsumen yang membelinya dan membekukannya untuk dikonsumsi agar langsung membuangnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS mengatakan saat ini ada 17 kasus terkonfirmasi Hepatitis dan 12 diantaranya tengah menjalani rawat inap di AS.

Baca juga: Enam Dugaan Penyebab Munculnya Hepatitis Akut

Sementara di Kanada, ada 10 kasus terkonfirmasi dan 4 pasien rawat inap.

FreshKampo, brand produsen strawberry organik yang berbasis di Meksiko mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu lalu bahwa pihaknya bekerja sama dengan regulator untuk menyelidiki bagaimana permasalahan itu bisa terjadi.

Brand tersebut menekankan label pada wadah strawberry yang berpotensi terkena dampak itu tentu akan mencantumkan buah itu merupakan 'Produk Meksiko' atau 'Didistribusikan oleh Meridien Foods'.

Baca juga: Misteri Penyebab Hepatitis Akut, Apakah Adenovirus, Anjing atau Covid-19?

Dalam sebuah pernyataan di situs webnya, toko kelontong Texas H-E-B mengaku belum menerima atau menjual strawberry organik dari pemasok sejak 16 April lalu.

H-E-B kemudian meminta kepada siapapun yang masih memiliki strawberry yang dimaksud, untuk membuangnya atau mengembalikannya ke toko tempat buah itu dibeli.

Hepatitis A adalah virus yang dapat menyebabkan penyakit hati dan dalam kasus yang jarang terjadi dapat menyebabkan kondisi gagal hati hingga kematian.

Baca juga: Ini Daftar 19 RS Rujukan Kasus Hepatitis Akut

Penyakit ini biasanya terjadi dalam waktu 15 sampai 50 hari setelah penderita mengkonsumsi makanan maupun minuman yang terkontaminasi.

Gejala yang ditimbulkan penyakit ini meliputi kelelahan, mual, muntah, sakit perut hingga penyakit kuning.

"Konsumen yang memgkonsumsi buah beri yang berpotensi terkena dampak dalam dua minggu terakhir dan belum divaksinasi Hepatitis A harus segera berkonsultasi dengan dokter," kata FDA AS.

Terkini Lainnya

  • Penyakit Hepatitis

  • Regulator AS dan Kanada sedang menyelidiki wabah Hepatitis yang mungkin terkait dengan buah strawberry organik segar dan strawberry merek H-E-B.

  • Rumah Perubahan Perkaya Pengetahuan, Petualang Cilik Siap Meneliti Alam dengan Mikroskop

  • Penyakit Hepatitis

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat