androidvodic.com

Jokowi Heran dengan Penemuan Aneh Soal Batu Bata Energi hingga Jam Tangan Tenaga Keringat - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi heran dengan sejumlah penemuan aneh di dunia dalam beberapa waktu terakhir. 

"Sekarang ini penemuan aneh-aneh, kadang-kadang 'Ini apa tho?' Saya kadang-kadang. Ada batu bata energi bisa menyimpan tenaga surya, jam tangan tenaga keringat, ini apa, tapi ada," kata Jokowi saat memberikan sambutan di LPDP Fest yang diikuti oleh para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (3/8/2023). 

Dia mencontohkan, bioteknologi, nanoteknologi, dan genome sequencing mendisrupsi dunia kesehatan. 

Adapun dunia pendidikan terdistrupsi oleh teknologi cloud computing dan artificial intelligence. 

"Berbagai kemajuan tersebut difasilitasi oleh negara untuk bisa Saudara-saudara pelajari melalui beasiswa LPDP," ujar Jokowi

Dia pun meminta agar jajarannya membuat desain besar LPDP untuk puluhan tahun ke depan.

"Jurusan apa, jumlahnya berapa, bidang penelitian misalnya apa, harus betul-betul bisa tepat sasaran, tidak buang-buang anggaran," kata Jokowi. 

Baca juga: Anggota Komisi VII DPR Minta BRIN Fasilitasi Penelitian Nikuba

Sebagai contoh, Indonesia kini ingin membangun ekosistem besar dari kendaraan listrik. 

Oleh karena itu, menurutnya bidang studi yang semestinya didalami, antara lain metalurgi, teknik kimia, teknik elektro, hingga ilmu material. 

Menurut dia, hal ini penting agar sumber daya manusia (SDM) yang disiapkan cocok dengan industri yang menyediakan lapangan kerja. 

"Jangan meleset. Yang dibutuhkan untuk ekosistem besar electric vehicle tadi, tapi yang dikirim misalnya yang banyak dari Pak Menteri Agama, bisa enggak sambung nanti," tandas Jokowi.

Terkini Lainnya

  • Jokowi heran dengan sejumlah penemuan aneh di dunia dalam beberapa waktu terakhir seperti batu bata energi dan jam tangan tenaga keringan.

  • Rumah Perubahan Perkaya Pengetahuan, Petualang Cilik Siap Meneliti Alam dengan Mikroskop

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat