androidvodic.com

Jepang Luncurkan Misi Luar Angkasa dengan Roket H-IIA Menuju ke Bulan - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, TOKYO – Jepang berhasil meluncurkan misi luar angkasa dengan menggunakan roket H-IIA buatan dalam negeri dengan harapan menjadi negara kelima di dunia yang mendarat di bulan awal tahun depan.

Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) mengatakan roket tersebut lepas landas dari Tanegashima Space Center di Jepang selatan pada Kamis (7/9/2023) pagi dan berhasil meluncurkan Smart Lander for Investigating Moon (SLIM).

“Tujuan besar SLIM adalah untuk membuktikan pendaratan dengan akurasi tinggi dan untuk mencapai pendaratan di tempat yang kita inginkan di permukaan bulan, bukan mendarat di tempat yang kita bisa,” kata Hiroshi Yamakawa, Presiden JAXA.

SLIM juga telah diatur untuk dapat mendarat di sisi bulan dekat Mare Nectaris, lautan bulan yang jika dilihat dari Bumi tampak sebagai titik gelap. Tujuan utamanya untuk menguji teknologi pemrosesan optik dan gambar yang canggih.

Baca juga: India Berhasil Lakukan Misi Pendaratan ke Bulan, PM Narendra Modi Rayakan Kesuksesan

Setelah mendarat, pesawat tersebut akan menganalisis komposisi batuan olivin di dekat lokasi tersebut guna mencari petunjuk tentang asal usul bulan.

Proyek Gabungan

Roket H-IIA yang berhasil diluncurkan ke bulan juga membawa satelit X-Ray Imaging and Spectrcopy Mission (XRISM), sebuah proyek gabungan JAXA, NASA dan Badan Antariksa Eropa.

Satelit ini bertujuan untuk mengamati angin plasma yang mengalir melalui alam semesta yang dianggap para ilmuwan sebagai kunci untuk membantu memahami evolusi bintang dan galaksi.

Baca juga: Ukraina Ancam Luncurkan Rudal Jarak Jauh ke Rusia, Roket Ala Taurus 700 Km Jadi End Game?

Mitsubishi Heavy Industries memproduksi roket tersebut dan mengoperasikan peluncurannya, menandai roket H-IIA ke-47 yang diluncurkan Jepang sejak 2001, sehingga tingkat keberhasilan wahana tersebut mendekati 98 persen.

Terkini Lainnya

  • Jepang berhasil meluncurkan misi luar angkasa dengan menggunakan roket H-IIA buatan dalam negeri menuju ke bulan.

  • Apakah Bumi akan Gelap selama Tiga Hari Mulai 8 April 2024? Berikut Penjelasan BMKG dan Kominfo

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat