androidvodic.com

Ujicoba Peluncuran Starship Kembali Gagal, Hilang Kontak Usai Lepas Landas - News

News, TEXAS - Peluncuran pesawat luar angkasa tanpa awak Starship milik SpaceX kembali gagal untuk kedua kalinya. Pada peluncuran kedua yang dilakukan pada Sabtu, 18 November 2023 kemarin, pesawat ini hilang kontak saat menembus luar angkasa.

Pesawat yang dikembangkan untuk membawa astronot ke bulan dan lebih jauh lagi, diyakini gagal saat lepas di ruang angkasa beberapa menit setelah lepas landas saat uji coba kedua.

Pada percobaan peluncuran pertamanya April 2023, Starship juga gagal dan meledak.

SpaceX meluncurkan roket dua tingkat tersebut dari lokasi peluncuran Starbase di dekat Boca Chica, Texas, Amerika Serikat, yang dikelola Elon Musk sendiri.

Pesawat tersebut mendorong pesawat luar angkasa Starship sekitar 55 mil (90 km) di atas permukaan bumi dalam penerbangan rencana 90 menit ke ruang angkasa.

Namun, tahap pendorong Super Heavy roket, meskipun tampaknya berhasil melakukan manuver penting untuk berpisah dengan tahap inti Starship, pesawat meledak di atas Teluk Meksiko.

Prosesi peluncuran roket ini disarkan langsung via streaming.

Saat tahap inti Starship melanjutkan perjalanan ke ruang angkasa, tetapi beberapa menit kemudian penyiar perusahaan mengatakan bahwa pusat kontrol misi SpaceX tiba-tiba kehilangan kontak dengan pesawat luar angkasa tersebut.

"Kami kehilangan data dari tahap kedua... kami kira kami kehilangan tahap kedua," kata tuan rumah siaran langsung SpaceX, John Insprucker.

Sekitar delapan menit ke dalam misi uji coba, tampilan kamera yang melacak tahap pendorong Starship tampaknya menunjukkan ledakan yang akan menunjukkan kegagalan kendaraan pada saat itu. Ketinggian roket saat itu adalah 91 mil (148 km).

Peluncuran tersebut adalah upaya kedua untuk menerbangkan Starship yang terpasang di puncak tahap pendorong Super Heavy yang tinggi, mengikuti percobaan April 2203 lalu, yang berakhir dengan kegagalan meledak sekitar empat menit setelah lepas landas.

The U.S. Federal Aviation Administration atau Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat, yang mengawasi situs peluncuran komersial, mengonfirmasi bahwa kecelakaan terjadi yang "mengakibatkan kehilangan kendaraan," tanpa laporan cedera atau kerusakan properti.

Badan tersebut mengatakan akan mengawasi penyelidikan yang dipimpin SpaceX terhadap kegagalan pengujian dan perlu menyetujui rencana SpaceX untuk mencegah hal itu terjadi lagi.

Tujuan Starship Tujuan misi ini adalah untuk meluncurkan Starship dari tanah di Texas dan ke ruang angkasa hampir mencapai orbit, kemudian menyelam melalui atmosfer Bumi untuk pendaratan di lepas pantai Hawaii.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat