androidvodic.com

Wawancara khusus dengan Once Mekel: Job Musik Sepi, Banting Stir Buka Kedai - News

News, JAKARTA - Penyanyi Elfonde Mekel atau akrab disapa Once menyiasati pembatasan aktivitas di tengah pandemi Covid-19. Banyak hal dilakukannya mulai dari berpartisipasi di kegiatan amal hingga menggeluti usaha kuliner.

Sepanjang 2020 industri musik secara global mengalami kerugian Rp 434,6 triliun (data Pollstar).

Kerugian terutama lantaran pembatalan konser dan live music. Musisi dan praktisi lokal hampir tidak dapat beradaptasi karena banyak faktor, dari kurangnya pendapatan, teknis, dan peluang.

Hal tersebut dibenarkan ole Once. Eks vokalis Dewa 19 ini mengatakan industri musik sangat terdampak pandemi Covid-19. Banyak musisi yang kehilangan sumber pendapatan.

Terutama musisi reguler di kafe-kafe."Karena tidak ada lagi kesempatan untuk mereka tampil. Namun teman-teman artis yang di panggung-panggung besar itu pun terdampak," ujar Once.

Disampaikan Once saat berbincang bersama Manager Pemberitaan Tribun Network Rachmat Hidayat di Studio Once, kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021).

Hampir seluruh bagian musik terdampak. Menimbulkan efek domino akibat pandemi Covid-19. Dari kru, musisi itu sendiri, hingga bisnis terkait musik. Menurut Once, pendapatan digital para musisi pun ikut berkurang.

Baca juga: Once Mekel Tolak Wacana Presiden 3 Periode dan Siap Turun ke Jalan, Itu Tidak Lucu!

"Karena seorang artis itu manggung dampak positifnya terhadap lagu-lagu di platform digital. Tapi tidak ada panggung, tidak ada reaction atau transaksi digital," kata pria berusia 51 tahun tersebut.

Baca juga: Once Mekel Sebut Pandemi Covid-19 Momen Musisi Muda Berlatih dan Berkarya di Rumah Saja

Karenanya para musisi mulai menyiasati kehilangan pendapatan dari manggung. Once bercerita sejumlah musisi yang memiliki tabungan mulai berwiraswasta, termasuk dirinya.

Once bersama Ridho Slank membuka kedai makanan di ruang publik M Bloc Space.

Baca juga: Once Mekel Rasakan Pentingnya Berwiraswasta, Bisa Isi Dompet Saat Job Musik Sepi karena Pandemi

Namanya Kedai Katong. Menyuguhkan kopi khas Maluku dan makanan khas Manado. Once sendiri juga membuka Kafe Mayosi di bilangan Bumi Serpong Damai (BSD).

Baca juga: Once Mekel Bicara Nasib Musisi Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Sulit Diprediksi

"Mayosi itu dari nama ibu saya Mama Yosi. Dan Almarhumah Ibu saya itu jago banget masak waktu masih hidup. Menu itu dapat dari dia," ujar Once.

Berikut wawancara eksklusif Tribun Network bersama Once Mekel:

Bagaimana para musisi menyiasati agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat