androidvodic.com

5 Asupan Nutrisi Ini Penting agar Otak dan Otot Tetap Fit Selama Berpuasa - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -- Kecukupan nutrisi sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga tubuh tetap fit dan sehat saat menjalani puasa selama Ramadan.

Director, Sports Performance, Nutrition and Education, Herbalife Nutrition, Dana Ryan menyampaikan beberapa panduan bagaimana menjaga asupan nutrisi berkualitas sebagai kebiasaan selama Ramadhan.

“Terpenuhinya kebutuhan nutrisi bagi tubuh merupakan hal yang sangat penting selama berpuasa,” ungkap Dana Ryan dalam kegiatan Nutrition Talk, Kamis (14/4/2022).

Protein

Protein terdiri dari asam amino, protein dan asam amino ini adalah bahan utama untuk pertumbuhan sel otak, sel kulit, sel otot dan organ.

Ketika seseorang mengonsumsi protein makanan, tubuh akan memecah menjadi asam amino individu selama pencernaan dan kemudian menggunakan asam amino ini untuk membuat protein baru di seluruh tubuh.

Baca juga: Tips Puasa Sehat untuk Ibu Hamil, Perbanyak Protein, Hindari Kafein

Baca juga: Suntik Vaksin Diperbolehkan Meskipun Sedang Berpuasa, Ini Penjelasan Wakil Menteri Agama

Sangat penting untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup; jika tidak, tubuh akan memecah otot untuk mendapatkan asam amino yang dibutuhkannya untuk berfungsi.

Terdapat 3 manfaat utama protein:

Pertama, membantu menjaga rasa lapar, protein dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

Kedua, dengan mengomsumsi protein dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme.

Ketiga, meningkatkan metabolisme membantu Anda membakar kalori lebih cepat, dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan dan menurunkan lemak tubuh.

Karbohidrat

Bahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat
Bahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat (Tangkapan layar repositori.kemdikbud.go.id)

Karbohidrat merupakan kelompok nutrisi utama dan menyediakan energi bagi tubuh sebagai glukosa (gula darah). Berikut manfaat utama karbohidrat bagi tubuh antara lain;

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat