androidvodic.com

Totalitas Aminah Cendrakasih sebagai Aktris, Sakit Pun Masih Semangat Syuting, Disebut Sosok Teladan - News

News - Aminah Cendrakasih merupakan aktris senior yang penuh totalitas. Akting merupakan bagian penting dalam hidupnya.

Bahkan dalam keadaan sakit, ia masih menerima tawaran syuting, meski untuk ke lokasi harus diantar jemput menggunakan ambulans.

Itu terjadi saat ia syuting untuk Si Doel The Series.

"Ya waktu syuting saya tanya nih, 'Ibu capek enggak syuting?' Karena kalau berangkat syuting itu sudah pasti naik ambulans, bahkan kalau keluar kamar harus pakai tandu," kata Ade Purbasari saat ditemui setelah pemakaman ibunya di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

Untuk mengenang Aminah Cendrakasih, berikut ini Tribunnews rangkum deretan foto masa muda Mak Nyak berikut ini.
Untuk mengenang Aminah Cendrakasih, berikut ini Tribunnews rangkum deretan foto masa muda Mak Nyak berikut ini. (Kolase Tribunnews)
 "Kalau syuting itu kan saya dibantu sama saudara-saudara saya yang lain, terus saya tanya, 'gimana ibu?' 'Senang, ketemu sama teman-teman'. Jadi semangat," lanjutnya.

Selama kariernya, Aminah membintangi puluhan judul film.

Baca juga: Foto-foto Pemakaman Aminah Cendrakasih, Sempat Tertunda karena Anak Terjebak Macet

Salah satu serial yang terkenang oleh masyarakat adalah saat Aminah berperan sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan

Karena pengabidannya di dunia seni peran, Aminah Cendrakasih di tahun 1992 mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.

Ade Purbasari anak dari almarhumah Aminah Cendrakasih di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).
Ade Purbasari anak dari almarhumah Aminah Cendrakasih di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022). (News/ Bayu Indra Permana)

Teladan

Aktor Adam Jagwani, pemeran Hans dalam Si Doel Anak Sekolahan, belajar banyak hal dari sosok mendiang aktris senior Aminah Cendrakasih.

Adam diketahui sempat beradu peran dengan Aminah alias Mak Nyak selama beberapa puluh tahun sinetron Si Doel Anak Sekolahan dan film Si Doel: The Movie.

Di mata Adam, Mak Nyak selalu bersemangat ingin terlibat dalam proyek Si Doel meski tengah sakit.

Mak Nyak bahkan sanggup mengikuti syuting di tengah kondisi kesehatan yang tak lagi fit.

Aktris senior Aminah Cendrakasih.
Aktris senior Aminah Cendrakasih. (Instagram @sidoelanaksekolahan)

"Mak Nyak kalau tahu kami lagi syuting, dia ngotot harus ikut biar pun dengan kondisi dia begitu. Harus dilibatkan, semangatnya luar biasa, dan itu yang memotivasi kami," kata Adam saat ditemui usai menghadiri pemakaman di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

"Seorang Mak Nyak aja yang sakit begitu tidak pernah komplain atau ngedumel. Itu satu semangat yang kami pelajari, motivasi itu dari almarhumah," lanjutnya.

Baca juga: Maudy Koesnaedi Berduka atas Meninggalnya Aminah Cendrakasih: Nyak, Maafin Zaenab

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat