androidvodic.com

Tergiur Omzet Fantastis, dr. Richard Lee Beralih ke Shopee Live - News

News - Saat ini, tren berbelanja melalui fitur siaran langsung (live streaming) di platform media sosial atau e-commerce makin diminati masyarakat. Melihat tingginya peluang tersebut, kini para pelaku usaha gencar memanfaatkan fitur tersebut untuk menjajakan produknya.

Tak hanya pelaku usaha saja, para selebriti dan influencer pun turut menggunakan fitur live streaming untuk menjual produk buatan mereka di e-commerce, seperti Shopee. Baru-baru ini, dunia live streaming digemparkan oleh total transaksi sebesar 7 milyar yang diperoleh Raffi Ahmad pada momen 7.7 Shopee Live Bombastis Sale.

Mengetahui kabar tersebut, beberapa influencer pun mulai beralih untuk menggunakan fitur Shopee Live. Hal ini terlihat dari postingan misterius dari akun Instagram @lambe_turah yang menampilkan sosok kepala dokter Klinik Kecantikan Athena, dr. Richard Lee.

Dokter sekaligus pengusaha sukses di bidang kecantikan ini kembali menghebohkan netizen dengan isu terbaru yang penuh sensasi. Pada postingan yang beredar, tampak dr. Richard Lee mengenakan rompi oranye sambil membawa kardus yang berisikan barang-barang seperti akan berpindah ke suatu tempat.

Namun, dr. Richard juga menanggapi  unggahan Lambe tersebut dengan kembali memposting ulang konten yang disertai dengan permintaan akan dukungan dari teman-teman dan followersnya.

“Demi kelancaran proses, saya belum bisa menjawab teman-teman terkait berita ini. Saya minta maaf. Saya hanya harap proses kali ini berjalan lancar,” tulis dr. Richard Lee lewat unggahannya di akun Instagram @dr.richard_lee pada Rabu (26/7/2023).

Melihat foto tersebut, netizen pun beramai-ramai menanyakan keadaan dan meminta klarifikasi. 

Keesokan harinya, dr. Richard kembali mengunggah video yang berisikan klarifikasi atas postingan sebelumnya melalui akun Instagram. Lewat video tersebut, ia menjelaskan bahwa dirinya tidak sedang terkena masalah, tetapi akan menghadirkan sebuah gebrakan baru dengan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, yakni Shopee. 

“Saya mau klarifikasi bahwa saya…. Nggak nggak nggak, nggak ditangkap. Saya mau pindah ke Shopee Live!! Jadi semua barang saya nih akan saya angkut ke Shopee Live. Dan Shopee akan kasih diskon heboh-hebohan banget! Bukan 10 persen, bukan 20 persen, tapi SEMUANYA 50 persen!! Dan kalian juga bisa konsultasi langsung dengan saya. Ingat tanggalnya, tanggal 1 Agustus jam 8 malam Semua Diskon 50 persen hanya di Shopee Live, paling murah di Shopee,” ucap dr. Richard Lee dalam unggahan video di akun Instagramnya hari ini (26/7/2023). 

Baca juga: Puncak 7.7 Shopee Live Bombastis Sale: Transaksi Meningkat hingga 12 Kali Lipat di Shopee Live!

Alasan dr. Richard Lee pindah lapak live streaming ke Shopee Live

Saat ini, Shopee  masih memimpin peta persaingan industri e-commerce, baik secara gambaran besar ataupun saat difokuskan pada fitur live streaming shopping. Dari pencapaian tersebutlah dr. Richard Lee tertarik memilih Shopee untuk memperdagangkan produknya.

Hal ini dapat terlihat dari berbagai platform survei yang merilis hasil riset terkait industri e-commerce. Dari riset tersebut dapat disimpulkan bahwa Shopee merupakan platform yang terus mempertahankan posisinya di peta persaingan industri e-commerce bersama dengan Tokopedia dan Lazada.

Melansir dari riset Snapcart: Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2023, diungkapkan bahwa berdasarkan salah satu indikator utama yaitu Brand Use Most Often (BUMO) atau merk yang paling sering digunakan, Shopee menduduki posisi pertama (61 persen), jauh di atas e-commerce lainnya.

Posisi kuat Shopee pada peta persaingan e-commerce saat ini, nyatanya juga memberikan pengaruh signifikan pada realita pasar belanja live streaming shopping. Saat ini, cara belanja melalui live streaming atau kerap dikenal dengan sebutan live shopping, banyak menarik perhatian banyak pihak, konsumen, pelaku usaha juga deretan selebriti dan influencer. 

Bagaimana tidak, keseruan interaksi yang ditawarkan, peningkatan traffic untuk pelaku usaha hingga promo luar biasa yang dihadirkan memberikan banyak keuntungan untuk setiap pihak yang berpartisipasi. Sehingga, live shopping saat ini menjadi salah satu fokus utama dan strategi bagi para pemain e-commerce

Melalui riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” terungkap bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online, jauh melampaui pesaing terdekatnya. 

Di mana, 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya.

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, sementara pemain baru live streaming yang menjadi pesaing Shopee hanya mendapatkan 30 suara. 

Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukkan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. Di mana pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee berhasil mencatatkan jumlah transaksi tertinggi (56 persen) dalam 6 bulan terakhir, jauh melampaui pesaingnya di angka 30 persen. 

Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen, melampaui pesaingnya sebesar 31 persen.

Mengutip juga dari laporan Momentum Works bertajuk ‘E-Commerce Southeast Asia 2023’, secara nilai transaksi bruto per e-commerce selama tahun lalu, Shopee masih jauh memimpin atau secara angka hampir 11 kali lipat dibandingkan pesaing terdekatnya.

Baca juga: Diskusi Seru Fuji Utami dan Lifni Sanders Ajak Maknai Arti Cantik Lewat Promo Menarik di Shopee 8.8

Pindah ke Shopee Live, dr. Richard Lee akan hadirkan banyak kejutan

Karena tergiur banyaknya pemberitaan akan omzet yang lebih fantastis dan promo besar-besaran yang diberikan Shopee, dr. Richard pun memutuskan pindah lapak live streaming ke Shopee Live per 1 Agustus nanti. 

Untuk memberikan kepuasan bagi pengguna dan followers dr. Richard Lee, Shopee  telah menghadirkan banyak kejutan, mulai dari pilihan produk yang lengkap dan beragam, serta promo besar-besaran yang tentunya paling murah.

Nantinya, para pengguna Shopee dan followers dr. Richard Lee pun dapat menikmati promo “Semua Diskon 50 Persen” dengan berbelanja di Shopee Live mulai pukul 8 malam setiap harinya. Selain itu juga bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang interaktif, di mana bisa bertanya secara langsung bahkan berkonsultasi masalah kulit dengan leluasa bersama dr. Richard langsung. 

Baca juga: Riset Snapcart: Program Afiliasi Shopee Jadi Pilihan Masyarakat di Era Baru Industri E-commerce

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat