androidvodic.com

Penjelasan Poppy Capella Soal Tinggi Badan Fabienne Nicole Pemenang Miss Universe Indonesia 2023 - News

Laporan Wartawan News, Bayu Indra Permana

News, JAKARTA - Selain polemik pelecehan dan body checking bugil, Miss Universe Indonesia 2023 juga tuai kritik soal pemilihan pemenang.

Kemenangan Fabienne Nicole dituding warganet dan beberapa pihak tidak sesuai dengan aturan kontes kecantikan soal tinggi badan.

Kemenangan Fabienne Nicole dituding warganet dan beberapa pihak tidak sesuai dengan aturan kontes kecantikan soal tinggi badan. Poppy Capella buka suara.

Batas minimum untuk finalis bisa ikut ajang tersebut adalah 168 cm, sementara beberapa pihak menyebut tinggi Fabienne tidak sampai 168 cm.

Lewat surat terbuka di sosial media Miss Universe Indonesia 2023, Poppy Capella selaku direktur Miss Universe Indonesia 2023 memberikan penjelasan.

"Sebagai direktur nasional untuk Miss Universe Indonesia, saya ingin memberitahukan perubahan signifikan dalam panduan kompetisi tahun ini," ujar Poppy Capella dalam keterangannya dikutip News, Kamis (10/8/2023).

Baca juga: Heboh Miss Universe Indonesia Lapor karena Foto Bugil, Ini Profil Poppy Capella si Pemegang Lisensi

Poppy kembali menjelaskan bahwa ada beberapa provinsi sudah lebih dulu menggelar kompetisi untuk mengirimkan wakilnya namun beberapa pemenang tak memenuhi syarat, khususnya untuk urusan tinggi badan,

Fabienne Nicole Groeneveld.
Fabienne Nicole Groeneveld. (Miss Universe Indonesia 2023)

"Dikarenakan sejumlah direktur provinsi kami yang telah menggelar kompetisi lebih awal, telah memilih beberapa pemenang yang tidak memenuhi persyaratan tinggi badan sebelumnya," tutur Poppy.

"Acara ini diselenggarakan dengan itikad baik, dan tidak adil untuk mendiskualifikasi pemenangnya berdasarkan kriteria yang dapat dianggap tidak esensial," jelasnya.

Baca juga: Fabienne Nicole Groeneveld Tak Menyangka Jadi Miss Universe Indonesia 2023, Siap Wakili Negara

Sehingga Poppy merasa perlu untuk merevisi soal syarat dalam ajang Miss Universe Indonesia 2023 agar bisa diikuti finalis dari seluruh daerah.

"Untuk menegakkan integritas kompetisi lokal dan mengakomodasi semua pemenang dari tingkat provinsi, saya telah memutuskan untuk menghapus persyaratan tinggi badan minimum," terangnya.

Poppy menjelaskan bahwa perubahan itu bukan bermaksud menilai hasil kerja di tingkat provinsi tapi dilakukan Poppy dan tim sebagai bentuk komitmen.

"Perubahan ini bukan semata-mata sebagai tanggapan atas hasil dari kegiatan tingkat provinsi tahap awal, tetapi juga merupakan cerminan dari komitmen kami terhadap inklusivitas baik di tingkat provinsi maupun nasional," jelasnya.

Direktur Miss Universe Indonesia, Poppy Capella.
Direktur Miss Universe Indonesia, Poppy Capella. (Instagram @poppycapella_)

"Oleh karena itu, kami merevisi pedoman kami untuk menghilangkan persyaratan tinggi badan minimum di semua tahapan kompetisi," terang Poppy.

Sekedar informasi, sebuah unggahan dari National Director Miss Universe Indonesia Bali, Sally Giovanny di Instagram Story yang mempermasalahkan tinggi badan Fabienne yang tidak sampai 168 cm ramai di media sosial.

Padahal sebelumnya pihak penyelenggara mengumumkan bahwa salah satu syarat tinggi badan kontestan minimal 168 cm. Hal itu kemudian menimbulkan polemik bahwa kemenangan Fabienne dianggap tidak adil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat