androidvodic.com

Berat Badan Panji Petualang Drop, Kadar Gula Darah Sampai 500 - News

Laporan Wartawan News, Fauzi Alamsyah

News, JAKARTA - Youtuber Panji Petualang saat ini mengidap diabetes.

Penyakitnya tersebut membuat berat badan Panji Petualang menurun drastis.

Namun terkini pemilik nama asli Muhammad Panji itu membeberkan kondisinya berangsur membaik.

"Alhamdulillah sekarang lebih baik, lebih sehat, karena banyak banget yang sayang, yang doain, banyak banget yang support, aku juga ikhtiar pengobatan baik medis maupun alternatif itu kita jalani, karena emang semangat sembunya masih tinggi," kata Panji Petualang saat ditemui di Kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jum'at (11/8/2023).

Penyakit diabetes yang diidapnya sempat membuat mental dari Panji Petualang drop. Bagaimana tidak berat badannya menurun drastis.

"Cuma kalau untuk badan, itu yang membuat aku ngedrop mental jadi diabet ini penyakit yang sebenarnya, kalau kata dokter nggak terlalu mengerikan tapi karena pas nyusup dulu badan tuh, itu yang bikin yang tadinya gemuk tiba-tiba kurus," ujar Panji.

Kemudian Panji menjelaskan awal mula dirinya mengidap diabetes.

"Aku juga bingung kok bisa gini awalnya, terus neliti aktifitas sehari-hari pipis tuh sering banget tiap malam 10 menit sekali, terus pagi-pagi dilihat bekas pipis ada semut, 'kok ada semut' aku telepon temen ku yang dokter kan 'dok, gini-gini' 'coba ke klinik mas', waktu itu sempat mau ngecek jaringan kelingking pas ke dokter katanya diabet deh, 500 ternyata kadar radionya," tutur Panji.

Panji menyadari jika penyakit tersebut buntut pola hidup yang tidak sehat.

"Tapi emang ada genetik dari bapak, dan waktu ramadhan lalu pola hidup aku emang kurang sehat, jadi abis makan malam kan kebanyakan, tidur terus abis itu makan nasi malam itu yang bahaya, makan nasi malam dan tidur. Itu yang bikin pemicu diabetnya," ucap Panji.

"Jadi ada dua faktor ginetik, ada pola hidup yang kurang sehat, aku dua-duanya genetik dan pola hidup tidak sehat. Makanya kalau habis makan sejam kalau bisa jangan langsung tidur, karena bisa menyerang siapa saja," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat